Alami Gagal Ginjal Kronis, Satu PMI Asal Lamongan Meninggal Dunia

Dirut RSUD dr. Soetomo Surabaya, dr. Joni Wahyuhadi (Foto: Anik RRI)

KBRN, Surabaya : Satu orang Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Lamongan, dinyatakan meninggal dunia lantaran sakit gagal ginjal yang telah dideritanya. PMI berstatus laki laki ini, kembali dari Malaysia bersama 129 rombongan gelombang pertama. 

PMI yang tidak disebutkan nama dan usianya ini, kembali ke Jawa Timur, melalui Bandara Juanda Sidoarjo pada Sabu (22/1/2022). Kemudian dinyatakan sakit bersama dengan dua orang PMI lainnya, lalu dibawa ke Rumah Sakit Haji Surabaya. 

Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Soetomo Surabaya, dr. Joni Wahyuhadi mengungkapkan, yang bersangkutan dirawat di RSU Haji, sebelum kemudian dirujuk ke RSUD dr. Soetomo Surabaya. 

"Setelah dirawat kemudian ada gagal nafas, ada gagal ginjal. Akhirnya kita lakukan cuci dara tadi pagi. Barusan saya di WA, meninggal," ujarnya, Senin petang (24/1/2022). 

Yang bersangkutan memdapatkan perawatan sekitar dua hari, sebelum kemudian dinyatakan meninggal dunia. Pasien telah dibawa pulang ke Lamongan serta didampingi Istrinya. Setelah itu istrinya kembali ke Surabaya guna menjalani karantina. 

"Gelaja saya rasa bukan (omicron). Tapi kita tunggu saja WGS-nya (pemeriksaan genuine squensing). Biasanya (varian) Delta, tapi saya tidak berani menyatakan itu, dari gejalanya teman teman menyebut suspek bukan omicron," terangnya. 

Sebelumnya, gelombang pertama kepulangan PMI ke Jatim merupakan asal Malaysia dengan daerah asal dari Jatim maupun Nusa Tenggara Barat (NTB). Dari 129 orang tersebut, dua dinyatakan positif Covid-19, dua mengalami sakit, dan satu meninggal dunia.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar