Masyarakat Lereng Semeru Lumajang Diminta Terus Waspada Bahaya Semeru

KBRN Lumajang : Sejumlah elemen Masyarakat Lumajang Jawa Timur terus menghimbau kepada seluruh lapisan Masyarakat yang tinggal disekitar lereng Semeru untuk terus meningkatkan kewaspadaan terhadap terjadinya bencana Semeru. 

Menurut Habib Fandi di Dusun Kamar kajang Desa Sumberwuluh Kecamatan Candipuro Lumajang Jawa Timur ketika dikonfirmasi RRI di kediamanya menjelaskan jika berdasar dari status Gunung Semeru di Lumajang justru ditingkatkan level nya oleh Badan Geologi jika aktivitas Gunung Api Semeru dinaikkan dari level WASPADA atau (Level II) menjadi SIAGA atau (Level III) beberapa minggu yang lalu.

Selain itu adanya bahaya sekunder Semeru pasca erupsi yakni lahar dingin dan panas serta adanya jutaan kubik matrial Semeru di lereng Semeru sewaktu waktu siap turun, selain dari pada itu pihaknya juga telah mendapatkan firasat jika Semeru masih akan melakukan erupsi yang membahayakan Masyarakat.

Lebih jauh Habib Fandi menjelaskan jika firasat tersebut berdasarkan firasatnya saja dan diharapkan firasat tersebut salah sehingga Semeru aman dan Masyarakat bisa beraktifitas kembali seperti biasanya.

"Firasat saya akan terjadi letusan Semeru dan erupsi dengan skala besar dan yang kemarin terjadi masih manggulanya atau belum seberapa dan belum deng nya atau hari H nya sehingga dimungkinkan masih akan ada letusan besarnya, saya bercerita seperti ini agar firasat saya itu salah atau tidak terbukti sehingga semeru baik baik saja kedepanya,"Katanya Rabu (19/01/2022)

Habib Fandi juga mengatakan Masyarakat diminta untuk tetap tenang namun waspada dan lebih mendekatkan diri pada Alloh Swt agar selamat dijauhkan dari malapetaka bencana.

Ketika dikonfirmasi RRI mengenai feeling alam sebelum kejadian bencana alam sebenarnya juga sudah misalnya ada binatang turun dari atas, secara visual puncak Semeru gelap karena dipuncak terjadi hujan maupun tanda tanda alam lain.

Dengan tanda tanda alam tersebut hendaknya sebagai peringatan dini bencana alam dan menjadikan masyarakat waspada.

Sementara itu Patria Dwi Hastiadi Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang juga menghimbau kepada seluruh lapisan Masyarakat yang tinggal di sekitar DAS Semeru untuk terus waspada terhadap terjadinya bahaya Semeru baik erupsi Semeru, lahar dingin Semeru maupun yang lainya.

Pihaknya juga menghimbau kepada masyarakat agar tidak mudah terprofokasi oleh isu yang tidak bisa dipertanggung jawabkan pihaknya meminta jika masyarakat Lumajang mendapatkan informasi hendakaya mengkonfirmasikan ulang kepada petugas Semeru atau menelpon Pusdal Ops BPBD Lumajang dengan nomor telpon 0812-3457-0077

"Telpon saja ke nomor saya jika ada warga yang mendapatkan informasi tentang Semeru maupun kebencanaan,"Pungkasnya. KA

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar