FOKUS: #CORONA

Akhir Januari, PMI Pulang ke Jatim via Juanda

Ilustrasi PMI (Dok. Kompas.com)

KBRN, Surabaya : Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang akan kembali ke Jawa Timur melalui Bandara Juanda, diperkirakan mulai datang pada tanggal 26 Januari 2022. Hal itu disampaikan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. 

"Tanggal 26 besok Januari ini, PMI yang dari Jawa Timur, sudah mulai masuk lewat Juanda," ujarnya, Selasa (18/1/2022). 

Selama ini, Bandara Juanda masih tidak dibuka untuk penerbangan internasional, baik untuk penumpang umum maupun PMI. Mereka sementara kembali ke Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta, kemudian menuju ke Jatim. 

"Sekarang ini kan semua PMI melalui Soetah. Jadi melalui Soekarno-Hatta. Tetapi bahwa mulai tanggal 26 ini, PMI akan masuk melalui Juanda, bagaimana kesiapsiagaan kita," tuturnya. 

Gubernur Khofifah menegaskan, sedianya Pemprov Jatim telah siap menerima kedatangan PMI, bilamana Bandara Juanda telah dibuka. Kesiapan tersebut mulai dari Bandaranya hingga lokasi karantinanya. 

"Sesungguhnya tanggal 31 Desember yang lalu, akhir tahun ya, Pak Mepala BNPB, Pak Menteri Perhubungan, full teamlah kita, melakukan cek lapangan. Dari mulai airportnya kemudian tempat-tempat di mana kemungkinan mereka akan melakukan karantina," terangnya. 

Untuk lokasi karantina atau tempat isolasi terpusat khusus PMI ini, Pemprov Jatim telah menyiapkan sebanyak 33 hotel yang bersedia jadi tempat isoter. Kemudian Asrama Haji, Balai Diklat Kementerian Agama, dan LPMP. 

"Jadi kita melakukan peninjauan dengan melihat kesiapsiagaan masing-masing titik untuk karantina," katanya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar