Peresmian Monumen KRI Nanggala-402 Diwarnai Isak Tangis Keluarga

Peresmian monumen KRI Nanggala-402

KBRN, Surabaya : Monumen KRI Nanggala-402 diresmikan dilingkungan Koarmada II, Sabtu (15/1/2022). Peresmian bertepatan dengan Hari Darma Samudra.

Secara langsung Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono meresmikan monumen kapal yang pernah menjadi salah satu bagian alat perjuangan altusista yang dimiliki Tentara  Negara Indonesia (TNI) Angkatan Laut (AL).

"KRI Nanggala-402 merupakan alat perjuangan 40 tahun lamanya bersama-sama memperkuat jajaran Angkatan Laut (AL)," ungkap Laksamana TNI Yudo Margono dalam sambutannya.

Ia menjelaskan dibangunnya monumen ini sekaligus mengenang jasa prajurit yang gugur bersama KRI Nanggala di perairan utara Pulau Bali. Nantinya kata Yudo monumen ini akan dibuka untuk umum.

"Kalau pengen mengenang jasa para suaminya atau putranya bisa kesini melihat, tidak perlu ke Banyuwangi. Kenapa ada disini (red : Koarmada II), karena pangkalan kepal selam kita ada disini," paparnya.

Dalam peresmian monemen KRI Nanggala-402 ini, TNI AL juga mengundang keluarga prajurit yang gugur. Isak tangis juga mewarnai peresmian monumen. Keluarga awak Nenggala tak kuat menahan rasa haru ketika mereka memasuki replika gladak kapal selam yang hilang kontak di perairan Bali beberapa waktu lalu tersebut. 

Terlihat juga salah satu orang tua pingsan tatkala melihat foto-foto 53 awak KRI Nanggala. Dalam gladak kapal berisi sejarah pembangunan dan juga para syuhada atau pahlawan yang gugur bersama KRI Nanggala.

Selain itu juga dijelaskan misi apa saja yang melibatkan kapal selam. Pengunjung juga dapat melihat di dalam monumen kronologi hilangnya KRI Nanggala 402.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar