Peringati Hari Disabilitas Internasional, Dinsos Jatim Lakukan Gerakan Go Green

Gerakan Go Green ajak penyandang disabilitas (Dok. Ist)

KBRN, Surabaya : Memperingati Hari Disabilitas Internasional 2021, Dinas Sosial Jawa Timur mengajak ratusan penyandang disabilitas Unit Pelayanan Teknis (UPT) Rehabilitasi Bina Daksa di Bangil, Pasuruan, untuk melakukan gerakan Go Green.

Kepala Dinas Sosial Jawa Timur (Kadinsos Jatim) M. Alwi menuturkan, gerakan Go Green tersebut yakni mengajak mereka untuk mencintai lingkungan dan mencintai alam, serta melestarikan kehidupan, dengan cara menanam pohon.

"Kita ingin ambil momen Hari Disabilitas Internasional ini, saya mengajak teman teman, klien kita khususnya difabel untuk melakukan kegiatan menanam pohon, karena kegiatan menanam pohon berarti melestarikan kehidupan," ujarnya, Jumat (3/12/2021).

M. Alwi berharap, gerakan Difabel Go Green tersebut tidak hanya mengajarkan mereka para penyandang disabilitas untuk mencintai lingkungan, tetapi juga bisa memberikan inspirasi bagi warga lainnya.

"Mudah udahan ini kan menginspirasi semua kita, kalau kaum difabel aja peduli terhadap kelsetarian alam, lalu bagaimana dengan kita. Seyogyanya kan kita lebih peduli lagi, sehingga alam yang kita tempati ini betul betul lestari, memberi sebesar manfaat bagi kehidupan kita," tuturnya.

Gerakan ini, lanjut M. Alwi juga dilakukan oleh sejumlah UPT yang ada di Pemprov Jatim. Diharapkannya, gerakan semacam ini semakin masif, lebih semarak, dan menginspirasi semuanya.

Pada kegiatan ini, UPT Rehabilitasi Bina Daksa di Bangil menanam sebanyak 150 bibit pohon, yang terdiri dari pohon buah buahan. Seperti bibit pohon kelengkeng, asem, sirsak, dan nangka. Serta diikuti oleh penyandang disabiltas, baik daksa, netra, cacat rungu wicara, intelektual maupun grahita.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar