Tingkatkan Kualitas Layanan Publik, Mendagri Dorong Lahirnya Kota Cerdas

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dampingi Mendagri Tito Karnavian membuka acara ITE Hybrid Event 2021 (Dok. Humas Jatim)

KBRN, Surabaya : Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mendorong lahirnya Kota Kota yang cerdas atau Smart City di seluruh Kabupaten Kota di Indonesia. Sejumlah negara di Dunia sudah mulai menerapkan Tekonologi Informasi dan Komunikasi.

Seusai membuka acara Integrated Technology Event (ITE) Hybrid Event 2021 di Kota Surabaya, Menteri Dalam Negeri - Tito Karnavian menjelaskan, fenomena penerapan Smart City di sejumlah negara banyak yang berkembang.

"Kota Kota yang merubah menjadi Kota Kota yang Smart. Smart itu artinya menggunakan teknologi informasi dan komunikasi," ujarnya, Rabu (1/12/2021). 

Tito menjelaskan, kemajuan teknologi informasi dan komunikasi ini dimanfaatkan untuk mempermudah semua urusan, termasuk Pemerintahan yang efektif, yang efisien, kemudian juga pelayanan publik yang lebih baik kepada masyarakat, serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

"Mempermudah mengambil keputusan, oleh para pengambil kebijakan, ramah lingkunan," tuturnya.

Selain itu, lanjut Tito, komunikasi akan lebih intens karena menggunakan teknologi komunikasi. Baik antara pemerintah, antar pemerintah sendiri, tingkat pusat, tingkat daerah, sampai ke tingkat kecil, omunikasi internal juga bisa lebih baik, kemudian juga komunikasi dengan masyarakat makin intens.

Selanjutnya :

Halaman 1 dari 2

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar