Hari AIDS 2021, Dinkes Jatim Ajak Seluruh Elemen Cegah Penularannya

Ilustrasi HIV AIDS (Dok. liputan6.com)

KBRN, Surabaya : Akhiri AIDS: Cegah HIV, Akses Untuk Semua, menjadi Tema Nasional peringatan Hari AIDS 2021. Kepala Dinas Kesehatan Jawa Timur Dr. Erwin Ashta Triyono mengungkapkan, tema ini mengajak semuanya, mulai dari pemangku kepentingan, beserta seluruh lapisan masyarakat, untuk semakin memperkuat komitmen.

"Peran serta dan dukungan untuk bergerak, bekerjasama dan bersinergi dalam melaksanakan pencegahan dan pengendalian HIV AIDS, guna mencapai Ending AIDS tahun 2030," ungkapnya, Rabu (1/12/2021).

Upaya yang perlu dilakukan adalah memperluas cakupan pelayanan kesehatan, meningkatkan akses masyarakat pada pelayanan kesehatan yang komprehensif dan bermutu, termasuk pelayanan pencegahan dan pengendalian HIV AIDS, yang diperkuat dengan inovasi dan sinergi segenap pemangku kepentingan.

"Tentunya upaya pencegahan agar tidak terinfeksi HIV adalah sebuah langkah yang baik efisien dan efektif," imbuhnya. 

Diharapkan masyarakat tetap menjaga kesehatan dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) sehingga tidak terinfeksi HIV. Bagi ODHIV, dr. Erwin berpesan, maka sayangi diri, sayangi keluarga dan masyarakat sekitar dengan “HIV Stop di saya”, lalu jalani pengobatan ARV sesuai ketentuan.

Selanjutnya :

Halaman 1 dari 3

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar