BNN Turun ke Desa, Pecandu Narkoba Bisa Rehab Melalui IBM

Petugas Rehabilitasi BNNK Sidoarjo bersama Tim Intervensi berbasis masyarakat (IBM) Desa Bluru Kidul. (FOTO/ANDRI SANTOSO)

KBRN, Sidoarjo : Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Sidoarjo turun ke Desa. Bersinergi dengan masyarakat untuk meningkatkan aksesibilitas layanan rehabilitasi gratis bagi para penyalahguna narkoba melalui kelompok masyarakat dinamakan Intervensi Berbasis Masyarakat (IBM).

Dengan inovasi program IBM tersebut, langkah strategis ini berada di desa-desa yang rawan penyalahguna narkoba. Seksi Rehabilitasi BNNK Sidoarjo Hermansyah menjelaskan, IBM merupakan stakeholder dalam pendekatan kepada masyarakat dalam mensosialisasikan pencegahan sejak dini tentang bahaya narkoba dan pentingnya rehabilitasi.

"Dengan program ini harapan nya bagi orang pemakai narkoba itu jangan sampai menjadi pecandu," kata Hermansyah dalam kordinasi nya bersama IBM Desa Bluru Kidul di Balai Desa setempat, Rabu (27/10/2021).

Melalui Tim IBM atau kelompok masyarakat yang disahkan oleh Pemerintah desa ini, langkah penekanan angka pengguna narkoba oleh BNN diharap lebih diterima masyarakat. Selain itu masyarakat dihimbau untuk tidak takut mengajukan rehabilitasi diri, sebelum menjadi pecandu hingga terjerumus dalam lingkaran barang haram tersebut.

"Bagi masyarakat yang datang mendaftar untuk direhab, kami pastikan tidak ada yang namanya proses hukum. Disini sifatnya penyembuhan dari yang namanya kecanduan narkoba," ujar Hermansyah.

Sementara, di waktu yang sama, Ketua IBM Desa Bluru Kidul, Kecamatan Kota Sidoarjo Bambang Sutarto menambahakan, keberadaan Tim IBM di desanya cukup diterima dengan baik oleh para tokoh masyarakat dan warga setempat, meski pada awalnya mengalami kesulitan.

"Kita terbentuk sejak bulan Mei lalu. Alhamdulillah sekarang masyarakat sudah paham seperti apa dan untuk apa IBM dibentuk di desa ini," kata Bambang.

Setelah mendapat bimbingan teknis sosialisasi dari BNN, jangkauan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya rehabilitasi sejak dini diyakini mudah tersampaikan.

"Kalau memang pemakai jangan ditutup tutupi, nanti malah menjerumuskan. Disini kita tim IBM sifatnya membantu para penyalahguna narkoba untuk di rehabilitasi, sebelum semakin parah terjerumusnya," kata Bambang

Kepala BNNK Sidoarjo Akbp Tony menjelaskan, Tim IBM dalam naungan BNN ini dibentuk secara legalisasi bekerjasama antara BNN dengan pemerintah desa dan stakeholder terkait kesehatan.

"Unit IBM ini juga bersinergi dengan program Desa Bersinar dan program pemberdayaan masyarakat dari Deputi Bidang Pencegahan dan Deputi Bidang Pemberdayaan Masyarakat dalam rangka memaksimalkan implementasi program IBM di wilayahnya," terang Tony.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00