FOKUS: #VAKSIN COVID-19

Gegara Selisih Data, Kiriman Vaksin ke Sidoarjo Terhambat

Bupati Sidoarjo beserta jajaran Forkopimda saat meninjau vaksinasi massal di GOR Sidoarjo. (foto : ist)

KBRN, Sidoarjo : Anggota Komisi D DPRD Sidoarjo, Bangun Winarso mendesak Pemkab segera melakukan sinkronisasi data jumlah warga yang sudah tervaksinasi agar proses distribusi vaksin dari pemerintah pusat tidak terhambat.

“Soalnya data Pemkab Sidoarjo dengan data Pemprop Jatim itu masih ada selisih. Hal ini yang antara lain mempengaruhi pengiriman vaksin dari pusat,” kata politisi PAN itu, Senin (02/08/21).

Menurutnya, masalah ini harus segera dibereskan jika Pemkab Sidoarjo memang punya komitmen untuk memenuhi target yang dicanangkan pemerintah pusat, yakni 70% warganya sudah mendapat suntikan vaksin Covid-19 hingga akhir tahun ini. 

Bahkan Pemprop Jatim sendiri, sebagaimana disampaikan Gubernur Khofifah Indar Parawansa beberapa waktu lalu, mematok Agustus ini sebagai batas waktu akhir pemenuhan target nasional tersebut. 

“Mari kita berikan hadiah pada Indonesia berupa 70% warga Jatim sudah divaksinasi pada Agustus,” kata Khofifah dalam sambutannya saat membuka kegiatan vaksinasi massal di Pondok Pesantren Al Amanah, Desa Junwangi Kecamatan Krian.

Sementara itu, saat diwawancarai akhir pekan lalu, Kepala Dinas Kesehatan Sidoarjo, drg. Syaf Satriawarman mengatakan hingga saat ini baru 700.005 vial vaksin Covid yang telah disuntikan pada warga Sidoarjo.

Jumlah tersebut sudah termasuk warga yang baru mendapatkan satu kali suntikan. Dan per hari itu, dinasnya sama sekali tak memiliki stok. Akibatnya jadwal vaksinasi tahap 2 di beberapa Puskesmas di Sidoarjo terpaksa dibatalkan.

Keterangan itu berbeda dengan informasi yang diperoleh dari laman resmi Gugus Tugas Covid-19 Propinsi Jatim. Data itu menyebutkan masih ada tambahan jumlah warga Kabupaten Sidoarjo yang mendapatkan vaksinasi pada hari Sabtu (31/07/2021).

Jelas tersurat  ada penyuntikan vaksin dosis 1 pada 907 warga Sidoarjo pada hari itu. Selain itu juga diberikan suntikan vaksinasi dosis 2 pada 651 orang. Sehingga total warga kota delta yang sudah mendapatkan vaksinasi dosis 1 sebanyak 498.843 orang. 

Dari jumlah itu, 225.844 orang diantaranya sudah mendapatkan vaksinasi dosis 2. Jadi jika ditotal, jumlah vaksin Covid-19, baik Sinovac maupun Astra Zaneca yang sudah terdistribusikan pada warga Sidoarjo sebanyak 724.687 vial.

Terkait hal itu, Sekretaris Pengurus Cabang Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (PC LKNU) Sidoarjo, Baduzzaman mengatakan capaian hari ini yang menunjukkan tak sampai 500 ribu warga Sidoarjo yang sudah tervaksin dari target 1,7 juta orang merupakan bentuk anomali tersendiri.

“Terlepas dari pasokan vaksin dari Jakarta yang belum datang, hal ini menunjukkan betapa tata kelola yang dilakukan Pemkab Sidoarjo dalam melawan pandemi Covid-19 dari sisi hulunya ini sangat ‘mal function’. Dan tentu ada resiko yang harus ditanggung karenanya,” jelasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00