Tingginya Permintaan Darah Konvalesen, Jadi Ajang Penipuan

Donor darah di PMI Surabaya (Foto: Anik RRI)

KBRN, Surabaya : Tingginya permintaan donor darah konvalesen, rupanya dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, untuk meraih keuntungan dari jalan melanggar hukum. 

Betapa tidak, mereka memanfaatkan kebutuhan dan keadaan sakit orang lain, untuk mendapatkan rupiah dengan cara haram. Yakni menawarkan jasa pensonor darah konvalesen, namun nyatanya adalah penipuan. 

Modusnya adalah, pelaku menawarkan pendonor kepada para pencari donor darah konvalesen yang butuh pendonor. Yang bersangkutan kemudian meminta imbalan uang. Namun setelah uang ditransfer, pelaku tidak bisa dihubungi. 

Agar tidak terjadi kasus semacam ini, Sekretaris Palang Merah Indonesia (PMI) Jatim, dr. Edi Purwinarto mengungkapkan, bahwa banyaknya kebutuhan darah konvalesen ini, justru dijadikan ajang bisnis. 

"Inilah yang barangkali menyimpang, dari misi kita, misi kemanusiaan. Bahkan sudah ada terjadi, yang kita terima laporan penipuan. Sudah ditransfer, ternyata pendonornya gak ada," ujarnya kepada rri.co.id, Minggu (1/8/2021). 

Selanjutnya :

Halaman 1 dari 2

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00