FOKUS: #VAKSIN COVID-19

Pekan Depan, Jatim Siapkan Vaksinasi bagi Difabel dan SDM Kesehatan

Gubernur Jatim Khofifah saat meninjau vaksinasi di Unej (Dok. Humas Jatim)

KBRN, Surabaya : Pekan depan, Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) mulai memfasilitasi vaksinasi untuk difabel dan Sumber Daya Manusia Kesehatan (SDMK). 

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengimbau kepada semua asosiasi disabilitas di Jawa Timur, agar dapat koordinasi dengan Dinsos dan Dinkes Kab/Kota dan Provinsi. 

"Pemprov Jatim telah melakukan rakor virtual dengan Dinsos dan Dinkes Kab/Kota se Jatim agar pelaksanaannya dapat dipercepat. Khusus disabilitas vaksin yang digunakan adalah Sinopharm," ujar Khofifah, Minggu (1/8/2021). 

Gubernur Khofifah menerangkan, vaksin yang digunakan oleh SDM kesehatan pada booster ketiga ini berbeda dari sebelumnya. Kali ini menggunakan vaksin moderna, sementara untuk difabel menggunakan vaksin Sinopharm. 

"Posisi vaksinnya ada Moderna itu untuk SDM Kesehatan, jadi harus pakai pakta integritas. Tapi difabel menggunakan Sinopharm sudah boleh," jelas Khofifah. 

Gubernur Khofifah juga menginstruksikan kepada Kepala Daerah untuk mengkoordinasikan vaksin khususnya untuk pendataan para difabel melalui Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan masing masing Kabupaten Kota. 

Berdasarkan Dashboard Kemenkes/KCPEN data nasional hingga 30 Juli 2021, ketercapaian vaksinasi dosis pertama dengan jumlah 7.582.522 orang. Sementara untuk dosis kedua, Jatim secara nasional sebanyak 3.119.838 orang.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00