Empat Mobil Pengendara diluar Rayon Diputar Balik

Kasatlantas Polres Situbondo, AKP Anindita bersama anggota, melakukan pemeriksaan di titik penyekatan Banyuglugur, Kamis (6/5/2021) (Foto istimewa)

KBRN, Situbondo : Empat mobil penumpang yang terindikasi akan melakukan mudik, terjaring razia oleh petugas gabungan Pos Ketupat Semeru 2021 di Banyuglugur, Situbondo, Jawa Timur, Kamis (6/5/2021).

Menurut Kasat Lantas Polres Situbondo, AKP Anindita Harcahyaningdyah, petugas gabungan mulai hari ini sudah melakukan penyekatan untuk menghalau pemudik, seiring dengan larangan mudik, guna memutus penyebaran COVID-19. 

"Ini hari pertama kita terapkan larangan mudik Lebaran 2021. Dari puluhan kendaraan yang melintas, ada empat mobil yang kita putar balik," ujar Anindita kepada RRI, di Pos Penyekatan, Banyuglugur.

Personel gabungan yang diterjunkan di Pos Penyekatan terdiri dari TNI/Polri, Dinas Perhubungan, Satpol PP dan Dinas Kesehatan. Mereka merazia setiap kendaraan yang terindikasi mudik, melalui dua pintu penyekatan, yakni Banyuglugur dan Banyuputih. 

"Kendaraan yang melintas diluar rayon kita putar balik jika terindikasi mudik," ujarnya. 

Sedangkan kendaraan dalam satu rayon yang meliputi Banyuwangi, Jember, Lumajang, Bondowoso dan Situbondo, dan perjalanan dinas yang dibuktikan dokumen dari dinas terkait beserta surat keterangan swab antigen negatif, dibolehkan melintas.

"Kalau dalam satu rayon, kita perbolehkan melintas, tapi dengan syarat. Mereka harus membawa surat tugas dan keterangan swab antigen negatif," bebernya.

Kasatlantas mengemukakan, bahwa penyekatan yang dilakukan petugas gabungan sebagai bentuk pelaksanaan dari Surat Edaran Nomor 13 Tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah dan Upaya Pengedalian Penyebaran COVID-19 selama Bulan Ramadhan 1442 Hijriah.

"Dalam surat edaran ini melarang siapapun yang akan mudik Lebaran guna mencegah penyebaran COVID-19. Kebijakan pemerintah ini sebenarnya demi kebaikan bersama yaitu mencegah penyebaran COVID-19," terangnya.

Informasi dihimpun RRI, ada dua titik penyekatan di Situbondo, yang beroperasi mulai hari ini sampai 17 Mei 2021. Dua titik penyekatan ada di Kecamatan Banyuglugur (perbatasan Probolinggo-Situbondo), dan Kecamatan Banyuputih (perbatasan Banyuwangi-Situbondo). (Din/dyt)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00