Bazar Kuliner Ramadhan Kembali Diizinkan, Pengawasan Prokes Diperketat

Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor Ali mengunjungi Bazaar Kuliner Bumdes Telaseh Kecamatan Tulangan, Kabupaten Sidoarjo Jawa timur. (Foto/Istimewa)

KBRN, Sidoarjo : Dibulan suci ramadhan tahun 2021 ini, Pemerintah kabupaten Sidoarjo Jawa timur, mengijinkan kembali digelarnya Bazaar kuliner.

Pada selasa 13 april kemarin, kegiatan yang digelar di Desa Telasih Kecamatan Tulangan juga mendapat kunjungan langsung oleh Ahmad Muhdlor Ali, Bupati Sidoarjo bersama forkopimka.

Meski dalam masa pandemi Covid19, untuk memanfaatkan moment bulan Ramadan 1442 H tahun 2021 ini. Sebanyak 26 stand didirikan oleh panitia yang merupakan pengurus Bumdes Maju Bersama,untuk menjual makanan oalahan hasil bumi.

AKP Anak Agung Kapolsek Tulangan kepada RRI mengatakan, bagi seluruh pedagang dan pengunjung kuliner Ramadhan yang di gelar di area sekitar Kantor Balai Desa Telasih tersebut, diwajibkan memakai masker dan menyediakan tempat cuci tangan.

"Tetap kita wajibkan menerapkan protokol kesehatan. Jadi disana yang berjualan pun semuanya menggunakan masker, ada tempat cuci tangan. Dan harus jaga jarak. Pembelinya pun tidak ramai, hanya masyarakat desa setempat dan orang-orang sekitar bazar saja," terang Agung kepada Radio Republik Indonesia, Kamis (15/4/2021).

Agung menambahkan, walaupun ber Status zona hijau di kawasan tersebut, pihak petugas dari unsur TNI -POLRI dan Satpol PP  juga terus Melakukan pemantauan dan mengedukasi masyarakat dalam penerapan Protokol Kesehatan.

"Sejak pagi, siang dan malam tetap kita, tiga pilar memantau kegiatannya," kata Agung.

Bazar kuliner sebagai fasilitasi warga yang ingin berjualan makanan yang biasa dicari menjelang berbuka puasa tersebut, Pada tahun 2020 lalu, kegiatan ini belum berani dilakukan lantaran saat itu kondisi Covid-19 masih dalam puncak-puncaknya.

"Kita selalu patroli dan mengedukasi, menghimbau baik penjual maupun pembeli agar selalu mematuhi protokol kesehatan," pungkasnya.

Bupati Ahmad Mudhlor yang hadir di lokasi itu, pada saat petang hari, sempat berkeliling melihat-lihat dagangan kuliner yang dijual warga. Ia sempat membeli sejumlah produk kuliner dan kemudian dibagi-bagikan kepada warga yang berada disana.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00