Hari Bhayangkara Ke-74, Polresta Kediri Latih Masyarakat Safety Riding

Pelatihan Safety Riding dan Etika Berlalu-lintas di Mako Sat Lantas Polres Kediri Kota, dalam rangkaian Peringatan Hari Bhayangkara Ke-74.

KBRN, Kediri: Sejumlah masyarakat tampak antusias saat mengikuti Pelatihan Safety Riding dan Etika Berlalu-lintas di Mako Sat Lantas Polresta Kediri, Sabtu (27/6/2020). Kegiatan ini juga sebagai salah satu rangkaian Peringatan Hari Bhayangkara Ke-74.

"Alhamdulillah, saya senang sekali bisa menjadi salah satu peserta kegiatan pelatihan Safety Riding dan Etika Berlalu-lintas ini. Apalagi, di tengah Pandemi Covid-19 seperti sekarang, sangat dibutuhkan edukasi soal physical distancing atau jaga jarak, termasuk saat berkendara di jalan raya," kata Sugeng Prayitno, peserta Pelatihan Safety Riding Dan Etika Berlalu-lintas, di Mako Polresta Kediri dalam rangkaian Hari Bhayangkara ke-74, Sabtu (27/6/2020).

Terkait etika berlalu-lintas, Sugeng yang juga anggota Komunitas Sepeda Tua Indonesia (KOSTI) Kediri, mengemukakan, sampai sekarang pihaknya sudah menerapkan dan mematuhi aturan lalu-lintas. Bahkan, saat adanya Pandemi Covid-19, pihaknya juga memiliki hobi bersepeda, mulai mempunyai kebiasaan baru untuk memakai masker dan melakukan jaga jarak atau Physical Distancing.

"Pengendara sepeda, memang biasanya identik berkendara secara bergerombol di jalan. Selain itu, kadang ada yang tak sengaja mengayuh sepedanya dengan berjajar. Dengan pelatihan ini, kami diharapkan tidak melakukan hal itu, karena jalan raya bukan milik individu, tetapi area publik," katanya.

Sementara itu, Kapolres Kediri Kota, AKBP Miko Indrayana, meyakini, dengan Pelatihan Safety Riding dan Etika Berlalu-lintas tersebut, ditargetkan kesadaran masyarakat untuk tertib berlalu-lintas kian meningkat.

"Lantaran, sejauh ini, pelanggaran yang dilakukan pengguna jalan terutama pengendara sepeda yakni menerobos lampu merah. Bahkan, di tengah Pandemi Covid-19 ini juga masih ditemukan pengendara yang belum mematuhi Protokol Kesehatan," katanya.

Akan tetapi, tambah AKBP Miko, untuk masih minimnya kesadaran pengendara sepeda yang belum menerapkan Protokol Kesehatan, maka pada masa sekarang tidak dikenakan sanksi khusus. Namun, si pengendara itu akan diberikan himbauan tentang Protap Kesehatan dari petugas berwajib.

"Untuk sanksi yang belum patuh terhadap Protap Kesehatan, belum kami kenakan. Tapi, kalau mereka terbukti melanggar aturan lalu-lintas, tentu petugas Sat Lantas akan memberikan tilang," katanya.

Di lokasi ini, AKBP Miko berharap, melalui Pelatihan tersebut, masyarakat yang memiliki hobi bersepeda bisa tetap berolahraga dengan baik, dan mempunyai tubuh bugar. Kemudian, pengguna jalan lainnya, juga tetap dapat beraktivitas di jalan raya dengan aman.

Sementara itu, tampak puluhan anggota KOSTI Kediri menjadi peserta pelatihan Safety Riding dan Etika Berlalu-lintas di Mako Sat Lantas Polresta Kediri. Di tempat ini, mereka mendapatkan pelatihan teori serta praktek berkendara roda dua maupun roda empat secara baik dan aman, dari sejumlah instruktur sekaligus penguji calon Pemohon SIM di wilayah hukum Polres Kediri Kota. (ac) 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00