Tangkal Covid-19, Wartawan Kediri Bagikan Hand Sanitizer Dan Masker

KBRN, Kediri: Untuk menangkal perluasan Virus Corona atau Covid-19 di Tanah Air, sebanyak puluhan wartawan dari berbagai media massa menggelar aksi Berbagi Masker dan Hand Sanitizer. Agenda ini diadakan di perempatan Jalan Dhoho Kota Kediri, Minggu (22/3/2020).

Menurut Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kediri, Mega Wulandari, di sela-sela kegiatan hari ini, ia menilai, penyebaran Virus Corona sangat mengkhawatirkan masyarakat.

"Contohnya kejadian di Negara Italia dan akhirnya harus membayar mahal peristiwa tersebut. Kami berharap dengan upaya masyarakat yang harus ke luar untuk melakukan kewajiban supaya membiasakan menggunakan masker," kata Ketua PWI Kediri, Mega Wulandari, di agenda Berbagi Hand Sanitizer dan Masker dalam Pencegahan Perluasan Virus Corona, di Kota Kediri, Minggu (22/3/2020).

Secara umum, Presiden Indonesia Joko Widodo pada tanggal 15 Maret 2020 mengeluarkan instruksinya, tentang himbauan kepada masyarakat agar membatasi aktivitas kegiatan guna menghindari penyebaran virus covid- 19 yang secara global melanda negeri ini. Lantaran, banyak berbagai kalangan baik seperti dari pemerintahan,komunitas maupun kelompok peduli, secara gotong royong melakukan berbagai aksi agar seluruh warga untuk peduli terhadap lingkungan dan kesehatan di sekitarnya.

"Melalui hal tersebut, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kediri yang bertepatan pada tanggal 8 Februari 2020 kemarin merayakan hari jadinya ke 74, kami pada hari Minggu ini (22/3) juga melakukan aksi peduli dengan membagikan masker dan Hand Sanitizer kepada pengguna jalan di sepanjang jalan Dhoho Kota Kediri yang dimulai pada pukul 08.00 Wib sampai dengan selesai," katanya.

Sebagai informasi, aksi para jurnalis di Kediri ini mengambil tema 'Cegah Corona Mulai Dari Diri Kita Sendiri, Jaga Kesehatan Dan Biasakan Menggunakan Masker'. Mengenai peserta yang hadir, mereka ini berasal dari puluhan wartawan baik dari media Cetak, Radio, Online, maupun Elektronik.

"Giat ini, kami gelar dengan mulai turun ke jalan dan membagikan masker dan Hand Sanitizer tersebut kepada pengguna jalan baik R2 maupun R4," katanya.

Mega menambahkan, melalui kegiatan tersebut para pewarta ini ingin menyampaikan pesan moral dan kepada semua pihak bahwa tidak ada yang menyayangi diri maupun keluarga anda selain diri anda sendiri. Oleh karena itu, mulai sekarang biasakan menggunakan masker apabila terpaksa harus melakukan kegiatan untuk bersosialisasi".

"Kepada semua pihak yang mempunyai kapasitas lebih baik secara finansial, maupun kebijakan bagaimana dapat menciptakan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat. Melihat saat ini masyarakat tidak peduli terhadap himbauan, akan tetapi masyarakat butuh sesuatu yang nyata dengan rasa aman dan nyaman itu penting dibawah tekanan ancaman virus Covid-19," katanya.

Pada akhir acara, Mega berpesan, mudah-mudahan dengan agenda tersebut dapat merangsang  kepada semua pihak berkompeten lain, untuk melakukan hal nyata kepada masyarakat sehingga pencegahan virus covid-19 tersebut bisa secara maksimal untuk penanggulangannya.

Di lokasi terpisah, Betty, warga Desa Mejono, Kecamatan Plemahan, Kabupaten Kediri, memberikan apresiasi besar terhadap semangat kalangan jurnalis Kediri yang rela turun ke jalan, untuk berbagi Hand Sanitizer dan Masker. Padahal, mereka ini umumnya memiliki jadwal peliputan yang padat, tapi ternyata tetap mempunyai jiwa sosial tinggi dalam membantu pencegahan Virus Corona.

"Kami berharap, bantuan semacam ini seperti Masker dan Hand Sanitizer bisa sampai di desa kami ini. Karena sejak adanya kasus Corona, sampai sekarang kami belum memiliki kedua bahan pelindung itu, padahal kami sangat butuh sebagai penangkal Covid-19, sedangkan kami sudah cari di berbagai apotik kosong semua," katanya.(ac)

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00