Kades Desa Jati Bersama BPBD Kabupaten Kediri Perbaiki Tanggul Rusak

KBRN, Kediri: Kepala Desa (Kades) Desa Jati, Kecamatan Tarokan, Kabupaten Kediri, Reni Ninsiska bersinergi bersama BPBD Kabupaten Kediri melakukan perbaikan tanggul yang rusak di wilayah kerjanya.

"Kejadian rusaknya tanggul sepanjang 15 meter ini, murni karena bencana," kata Kepala Desa (Kades) Desa Jati, Reni Ninsiska, saat ditemui di Kantor Desa Jati, Kecamatan Tarokan, Kabupaten Kediri, Kamis (5/3/2020).

Menurutnya, dalam tahap perbaikan tanggul yang rusak itu diperkirakan membutuhkan waktu sekitar dua hari. Hal itu karena pihaknya juga telah memperoleh bantuan langsung dari BPBD Kabupaten Kediri.

"Kemarin itu kami dapat bantuan alat berat dari BPBD Kabupaten Kediri, sehingga bisa memperbaiki dengan cepat," katanya.

Kalau terkait dampak tanggul yang rusak, tambah Reni, peristiwa tersebut juga membuat lahan pertanian di sekitar infrastruktur itu menjadi terendam oleh air. Padahal, ada sejumlah petani yang menggantungkan hidupnya dari sawah tersebut.

"Namun demikian, ini kembali lagi adalah sebuah bencana dan memang kemarin itu hujan turun dengan sangat deras. Ya ini bukan kejadian pertama, tiap tahun selalu seperti ini, terutama ketika air Sungai Bakung meluap," katanya.

Walau begitu, yakin Reni, dengan sinergitas yang terjalin bersama pihak Kecamatan, maupun instansi terkait, maka dipastikan bencana semacam ini tidak akan terulang.

"Nantinya, setelah penanganan tanggul jebol ini, kami bersama rekan kepala desa lain, seperti Desa Blimbing, Desa Kerep, Desa Cengkok, Desa Sumberduren dan lembaga terkait akan menanam tanaman Akar Wangi. Kami memilih tumbuhan ini karena diyakini memiliki akar yang mampu mencengkeram tanah hingga di kedalaman 5 meter, sehingga bisa mencegah bencana seperti kemarin," katanya. (ac)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00