Hujan Disertai Angin Kencang Rusak Rumah Warga Kabupaten Kediri

KBRN, Kediri: Hujan deras disertai angin kencang terjadi di wilayah Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Minggu (1/3/2020). Peristiwa ini, bahkan merusak fasilitas, rumah dan menyebabkan pohon tumbang, di beberapa kecamatan. Seperti di Kecamatan Kandat dan Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri.

"Di Kecamatan Kandat, Kabupaten Kediri, akibat kejadian tersebut sekitar 35 pohon tumbang, 2 rumah roboh, 1 kandang ayam roboh, 30 atap rumah rusak dan atap sekolahan SD serta aliran listrik putus. Tapi, alhamdulilah tidak ada korban jiwa," kata Kasi Humas Polsek Kandat, Bripka Sugianto, dihubungi di Kediri, Minggu (1/3/2020).

Menurutnya, kejadian itu terjadi di Desa Ngreco, Kecamatan Kandat, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Saat itu, hujan deras disertai angin kencang diperkirakan terjadi setengah jam.

"Bencana ini terjadi, tepatnya sekitar pukul 14.00 WIB hingga sampai 14.30 WIB," katanya.

Sebagai dampak banyaknya pohon tumbang, tambah Bripka Sugianto, hal tersebut lantas menghalangi akses jalan. Selain itu, berdampak pada rusaknya atap rumah warga dan juga ada rumah yang dikategorikan rusak berat.

"Untuk penanganan, petugas dari Polsek Kandat, masyarakat sekitar serta BPBD Kabupaten Kediri melakukan evakuasi," katanya.

Di lokasi terdampak, masyarakat bersama petugas bersama-sama bergotong royong membersihkan reruntuhan pohon tumbang dan rumah yang rusak.

Secara terpisah, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kediri, Slamet Turmudi, membenarkan, bahwa pada Minggu (1/3) hujan disertai angin kencang telah terjadi di wilayah Desa Joho, Kecamatan Wates dan di Desa Ngreco Kecamatan Kandat, Kabupaten Kediri. Di tempat ini, hujan disertai angin tercatat pada pukul 13.15 WIB sampai 13.56 WIB serta mengakibatkan pohon tumbang dan puluhan rumah diterpa angin kencang.

"Di Desa Joho, angin kencang merusak 5 rumah kondisi rusak ringan, 2 fasilitas umum (SDN JOHO 1 dan Balai Desa)," katanya.

Sementara, rinci Slamet, di Dusun Ngreco, Desa Ngreco, RT 3/ RW 4, musibah angin kencang dan hujan deras berdampak pada 17 rumah kondisi rusak ringan dan 2 rumah rusak sedang. Kemudian, di RT 1 RW 4 berdampak pada 8 rumah kondisi rusak ringan, 4 fasilitas umum kondisi rusak ringan (Balai Desa, TK,  Pustu dan SDN Ngreco 1). Lalu, RT 2 RW 4 membuat 6 rumah kondisi rusak ringan.

"Di Desa Ngreco terdapat korban di RT 3 RW 4, karena terkena reruntuhan genting. Korban ini atas nama Bapak Ikhsan dan terdapat luka kecil bagian kepala dan kini sudah dapat penanganan oleh bidan desa serta dipastikan luka tidak parah," katanya.

Peristiwa serupa ini, juga terjadi di Desa Pojok, Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri. Tepatnya, di Dusun Bangunmulyo RT 35 RW 11,

rumah milik Sri Utami tertimpa pohon sengon dan kondisi rusak ringan. Kerusakan pada atap esbes sejumlah 7 lembar (3 lembar ruang utama dan 4 lembar teras). Dampak lain memutus jaringan listrik. Dari pihak PLN sudah ada tindakan untuk penanganan. (ac)

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00