Pemkot Kediri Percepat Penanganan Longsor Di Kelurahan Pojok

KBRN, Kediri: Walikota Kediri, Abdullah Abu Bakar meminta Dinas PUPR setempat mempercepat penanganan tanah longsor di RT 03/ RW 07, Kelurahan Pojok, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri. Hal ini diungkapkan saat pihaknya meninjau langsung lokasi longsor, sebagai wujud respon cepat dari Pemerintah Kota Kediri dalam menangani bencana.

"Kami meminta, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang memasang bronjong untuk mengatasi longsor," kata Walikota Kediri, Abdullah Abu Bakar, saat meninjau lokasi longsor di Kelurahan Pojok, Kota Kediri, Selasa (25/2/2020).

Sebagai informasi, longsor yang terjadi di wilayah RT 03 RW 07 Kelurahan Pojok, pada Jumat (21/2) malam. Untuk itu, pemerintah langsung menindak cepat dengan meninjau lokasi untuk menentukan langkah perbaikan. Sementara itu, longsor ini karena adqnyq guyuran hujan deras di wilayah Kota Kediri pada hari Jumat (21/2) siang hingga malam.

Menurut Abdullah, peristiwa ini adalah musibah, sehingga hal paling penting kalau tidak ingin terkena musibah maka masyarakat juga harus menjaga alam.

"Jangan buang sampah di sungai dan jangan mengalihkan fungsi sungai. Tolong ini dijaga," ujarnya. 

Abdullah mengingatkan, agar warga sekitar menjaga anak-anak untuk tidak bermain di dekat lokasi longsor. Pihaknya pun, meminta warga untuk menanam tanaman yang dapat menahan tanah, misalnya seperti tanaman akar wangi.

"Saya lihat ini tadi sudah bagus di tepi sungai sudah ditanami. Coba kalau tidak ditanami, ambrolnya bisa ke mana-mana. Coba tanami dengan akar wangi karena akarnya bagus untuk menahan tanah agar tidak longsor," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Kota Kediri, Sunyata menjelaskan, pihaknya langsung melakukan respon cepat setelah longsor terjadi. Dinas PUPR juga melakukan koordinasi dengan jajaran samping untuk mengatasi longsor ini.

"Kita lakukan pembangunan bronjong dan juga sudah berkoordinasi dengan Jasa Tirta untuk pelaksanaan ini. Mungkin nanti ada bantuan dari Jasa Tirta," katanya.

Sunyata menambahkan, saat ini tengah dilakukan pembuatan kisdam. Upaya ini dilaksanakan, sebelum nantinya direalisasikan pemasangan bronjong.

"Secepatnya, kita selesaikan mungkin minggu ini bisa selesai. Kita juga melihat dari curah hujan yang ada di kabupaten. Karena kalau disini tidak hujan tapi disana hujan ya otomatis kita nggak berani kerja. Aliran di Sungai Kedak ini deras sekali," imbuhnya.

Respon cepat yang dilakukan Pemerintah Kota Kediri ini diapresiasi oleh Nuning, salah satu warga RT 03 RW 07 Kelurahan Pojok.

"Selama saya di sini nggak ada kejadian seperti ini. Begitu longsor saya koordinasi dengan pihak terkait. Dan malam laporan saya langsung ditangani. Alhamdulillah, Pak Wali dan dinas-dinas dengan cepat merespon. Setelah perbaikan ada pembangunan yang berkelanjutan dan perawatan," kata Nuning. (ac)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00