Mantan Karyawan Adukan Nasib Ke Komisi IV DPRD Kabupaten Kediri

RRI, Kediri: Sejumlah mantan karyawan PT Surya Zig Zag Kediri, masing-masing bernama Suharsono dan Sugito, mengadukan nasibnya ke Kantor DPRD Kabupaten Kediri. Langkah ini diambil, karena hak pesangon yang seharusnya diberikan oleh perusahaan, belum juga dipenuhi seluruhnya.

"Kami datang ke sini, mau mempertanyakan surat permohonan diadakannya Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan DPRD Kabupaten Kediri. Alhamdulillah, setelah pertemuan kemarin (4/2), di Kantor DPRD Kabupaten Kediri, kami bisa bertemu dengan Sekretaris Komisi IV DPRD Kabupaten Kediri, Taufiq Chavifudin," kata Suharsono, mantan karyawan PT Surya Zig Zag Kediri, saat dikonfirmasi, di Kediri, Rabu (5/2/2020).

Secara umum, ungkap Suharsono, perjuangannya untuk memperoleh hak tersebut tidak pernah berhenti dilakukan. Apalagi, jika dilihat dari besaran nilainya sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga di rumah.

Kemudian, ulasnya, selama ini untuk menyambung hidupnya, Suharsono bekerja sekuat tenaga di rumah, lalu membuat aneka permainan anak dan membuka terapi pijat khusus, yang disambungkan dengan oksigen serta dipadukan berbagai rempah tradisional.

"Dulu, kami juga sempat melalui jalur hukum hingga ke tingkat Mahkamah Agung, dan kini saya  meminta bantuan DPRD Kabupaten Kediri. Semoga anggota dewan di sini, bisa memberikan solusi terbaik," katanya.

Mengenai awal mula permasalahan ini, lanjutnya, ia dan kawan-kawannya dipecat pada tahun 2010 lalu. Pada periode itu, pihaknya dikenakan PHK, akibat melakukan mogok kerja bersama rekannya.

"Ketika itu, saya dan teman-teman menuntut tunjangan keluarga, untuk seluruh karyawan PT. Surya Zig Zag. Totalnya ada sejumlahjumlah 420 orang," katanya.

Akan tetapi, imbuhnya, saat itu pula, tuntutan mereka tidak langsung dipenuhi. Namun, pihaknya dan 5 orang temannya justru dipecat.

"Alhasil, tiga teman saya saat itu  mau menerima PHK, sedangkan saya Sugito dan Eko Widodo menolak dan akhirnya menempuh upaya hukum," katanya.

Di samping itu, Sekretaris Komisi IV DPRD Kabupaten Kediri, Taufik Chavifudin, berjanji, pihaknya akan  memperjuangkan digelarnya RDP/ Rapat Dengar Pendapat dengan pihak terkait.

"Akan tetapi, saya mohon waktu sebelum RDP dilakukan, untuk diperbolehkan mempelajari terlebih dulu duduk perkara tersebut," katanya. (ac)

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00