Kenali Apa Itu Polio, di Hari Polio Sedunia

World Polio Day

KBRN, Jakarta: Polio merupakan penyakit yang sudah familiar ditengah kehidupan masyarakat. Penyakit yang sangat menular dan berbahaya tersebut biasanya disebabkan oleh virus yang menyerang sistem saraf manusia. 

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO, 1 dari 200 orang yang terinfeksi menghadapi risiko kelumpuhan permanen, oleh karena itu, pemberantasan polio dinilai penting dalam skala global. Hal tersebutlah yang pada akhirnya membuat Hari Polio Sedunia diperingati pada 24 Oktober setiap tahunnya.

Hari ini merupakan peristiwa penting yang dirayakan untuk meningkatkan kesadaran akan vaksinasi polio dan pemberantasan polio. Tapi, bagaimana sejarah di balik penetapan Hari Polio Sedunia ini? 

Berikut ini beberapa fakta terkait dengan penyakit berbahay tersebut. Mulai dari sejarah hingga dunia ikut merayakan hari ini, ini penjelasannya:

1. Sejarah Hari Polio Sedunia

Hari Polio Sedunia didirikan oleh Rotary International untuk memperingati kelahiran Jonas Salk, peneliti medis yang memimpin tim pertama untuk mengembangkan vaksin polio. Hari Polio Sedunia telah dirayakan selama lebih dari satu dekade sekarang.

Sang peneliti mengembangkan vaksin poliovirus yang tidak aktif yang mulai digunakan pada tahun 1955. Setelah itu barulah Albert Sabin mengembangkan vaksin polio oral yang mulai digunakan pada tahun 1961.

2. Kasus Polio di Seluruh Dunia

Pembentukan Global Polio Eradication Initiative (GPEI) terjadi pada tahun 1988, diluncurkan oleh Rotary International dan WHO, ketika terdapat hampir 3,5 juta kasus polio di seluruh dunia.

Sampai saat ini, beberapa kawasan seperti Amerika, Eropa, Asia Tenggara, dan Pasifik Barat telah dinyatakan bebas polio. Namun, negara-negara seperti Pakistan dan Afghanistan masih memiliki kejadian langka penyakit ini.

Oleh karena itu, Hari Polio Sedunia adalah saat yang tepat untuk menyebarkan kesadaran tentang bahaya penyakit ini, dan kebutuhan besar untuk memvaksinasi bayi sesuai jadwal, untuk benar-benar memberantas virus.

3. Mengapa Hari Polio Sedunia Dirayakan?

Pada hari ini, organisasi di seluruh dunia, seperti Rotary International, WHO, dan sebagainya, merayakan individu dan organisasi yang terlibat dalam perang global melawan polio dan upaya mereka untuk sepenuhnya memberantas virus.

Perayaan ini juga berupaya menyebarkan kesadaran kepada semua orang, tentang pentingnya penanggulangan virus dan potensi wabah apa pun, serta melakukan upaya penggalangan dana untuk mencapai tujuan ini.

4. Bagaimana Hari Polio Sedunia Dirayakan di Seluruh Dunia?

Pada hari ini, di seluruh dunia, organisasi global seperti Rotary International dan organisasi serupa lainnya mengadakan beberapa acara dan penggalangan dana, dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang polio. Berbagai jenis acara bisa diadakan dengan bermacam-macam cara, mulai dari reli dan jalan-jalan hingga mengorganisir kompetisi di sekolah dan klub. 

Ini juga menunjukkan bahwa dalam perjuangan global untuk memberantas polio, tidak ada anggota yang terlalu kecil untuk berkontribusi! (Vinta)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00