PLN Dukung Pengembangan Truk Listrik IT Telkom Surabaya

KBRN, Surabaya: Surabaya - Dukung implementasi penggunaan kendaraan listrik, PLN dukung pengembangan truk listrik yang diprakarsai IT Telkom Surabaya (ITTS) dalam peluncuran truk listrik di kampus setempat, Rabu (22/9/2021).

"Pada kesempatan kali ini, saya mewakili PLN menyampaikan dukungan penuh terhadap inovasi pengembangan truk listrik. Mengusung konsep green energy, mengurangi polusi dan meningkatkan efisiensi," papar Manager PLN UP3 Surabaya Selatan, Muhammad Rizlani. 

Menurutnya, PLN siap memasang SPKLU di titik mana yang membutuhkan. 

"Untuk pengujian pun kami siap membantu dan mendukung penuh sampai bisa diluncurkan sempurna," terang Rizlani.

Ide ini tercipta lantaran saat Rektor ITTS melakukan perjalanan dinas ke luar pulau Jawa, ditemui fenomena antrian panjang saat pengisian bahan bakar solar untuk truk. Bahkan antrian tersebut bukan hanya memakan 1-2 jam menunggu antrian.

 "Berawal dari permasalahan antrian bahan bakar solar untuk truk di luar pulau Jawa, kami berinisiatif melakukan inovasi yaitu menciptakan truk dengan tenaga listrik. Listrik digunakan agar meminimalisir emisi gas buang sehingga ramah lingkungan." jelas Rektor ITTS, Tri Arief Sardjono.

ITTS merupakan perguruan tinggi berbasis ICT (Information and Communication Technology)  yang berfokus pada bidang industri maritim, transportasi, dan logistik. Saat ini, ITTS tengah mengembangkan inovasi dalam hal moda transportasi atau angkutan. 

Truk listrik diharapkan dapat diluncurkan dengan sempurna pada 5 tahun kedepan, dimana sampai saat ini masih dalam tahap pengembangaan dan penyempurnaan oleh tim ITTS. 

"Truk ini nantinya akan dilengkapi dengan fitur battery charging, sistem driving assistance untuk keamanaan, serta timbangan otomatis yang nantinya dapat mengukur bobot bawaan truk terebut agar tidak overweight di jalanan," tambahnya.

Acara launching truk listrik ini juga dihadiri oleh Direktur Utama Yayasan Pendidikan Telkom, Dinas Perhubungan Surabaya, Kepala Seksi Angkutan Rel, Perairan, Barang, dan Kendaraan Tidak Bermotor. 

"Semoga truk listrik yang pertama ada ini, karena sebelumnya mobil dan motor listrik sudah mengawali, bisa dijalankan dengan baik oleh ITTS," Jelas Sekertaris Dinas Perhubungan Surabaya, Luhur. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00