Khofifah Dorong Komunitas Pesantren Gemar Membaca

Gubernur Jatim Khofifah saat meresmikan ruang serbaguna Ponpes Panggung (Dok. Ist)

KBRN, Tulungagung : Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mendorong komunitas Pondok Pesantren, khususnya para santri untuk gemar membaca. Menurutnya, tidak ada alasan untuk tidak membaca, seiring dengan kemudahan literasi.

Hal itu diungkapkannya, seusai peresmian Gedung Serbaguna Ponpes Panggung, ruang kelas baru Yayasan Raden Jafar Shodiq, serta ruang Asrama dan Perpustakaan MA Al Maarif, Tulungagung, Rabu (14/4/2021).

"Sekarang kan kalau beli buku mahal, ada eBook. Kalau mungkin beli koran ndak nutut uangnya atau beli majalah, tidak nutut uangnya, maka sekarang tidak ada alasan untuk tidak membaca, karena semuanya bisa diakses secara elektronik," katanya.

Bahkan, Khofifah juga mendorong para santri ini untuk menjadi bagian dari masyarakat yang gemar menulis juga atau reading sociaty. Jika sebelumnya listening sociaty (mendengarkan), lalu schooling sociaty (berpendidikan).

Dan kini, semakin banyaknya literasi yang bisa dibaca melalui sarana elektronik, tidak ada alasan untuk tidak menjadi bagian dari reading sociaty atau masyarakat yang suka membaca.

"Jadi artinya, yang punya kemampuan untuk beli majalah, beli majalah, mereka beli. Yang misalnya pas pasan ndak nutut beli, maka tetap dia bisa mengakses lewat eMegazine, eNewspaper dan seterusnya," imbuhnya.

Sementara itu, dalam kunjungan kerjanya di Tulungagung, Gubernur Khofifah juga melakukan peresmian Gedung SMP Pondok Pesantren Al Hikmah, Melathen, Kabupaten Tulungagung.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00