Cegah Penularan Covid-19, Ratusan Ojek Dipasang Partisan

Gubernur Jawa Timur Khofifah memasang alat partisan ke sopir ojek (Dok. Istimewa)

KBRN, Surabaya : Guna memproteksi driver ojek online (ojol) dan ojek pangkalan, serta penumpangnya, Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) dan Kepolisian Daerah Jawa Timur (Polda Jatim), memasang partisi serta membagi masker.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan, pembagian ratusan partisi, masker, bingkisan dan juga voucher belanja kepada sopir ojek ini, juga masih dalam rangkaian Hari Bhayangkara ke-74.

"Partisi ini menjadi sangat penting, supaya tidak ada yang memungkinkan bisa menjadi media transmisi dari Covid-19," ujarnya, Kamis (2/7/2020).

Selain itu, juga sengaja dibagikan masker. Khofifah menuturkan, bahwa kemungkinan penularan bisa turun sampai 60% jikalau menggunakan masker. Bahkan Khofifah berpesan, agar para sopir ojek sekaligus bisa menjadi juru bicara informasi tersebut.

"Bisa menjadi speaker, bisa menjadi influencer, di mana saja, ketemu siapa saja, bahwa hari ini kita harus makin bisa beradaptasi, wajib menggunakan masker ketika kita keluar rumah, wajib menjaga jarak yang aman, wajib mencuci tangan dan seterusnya," terangnya.

Menurut Khofifah, ini akan menjadi bagian dari pengingat bersama, bahwa kedisiplinan untuk menjalankan protokol kesehatan terus dikembangkan, disampaikan, dan disebarkan. Sehingga sama-sama sehat, lingkungan sehat, sehat Jawa Timur, sehat Indonesia.

"Supaya kita sehat, lingkungan kita sehat, jaga disiplin dan protokol kesehatan dengan baik, karena kita ingin Jogo Jawa Timur, dan kita ingin menjaga Indonesia yang sehat, produktif, dan kondusif," tutup Khofifah.

Sementara itu, Kapolda Jatim Irjen Pol Fadil Imran menuturkan, pihaknya akan terus melakukan sosialisasi peningkatan kedisiplinan masyarakat. Dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat, untuk turut menjadi pioner mauoun influencer.

"Menjadi duta-duta kita di lapangan, agar gerakan Jawa Timur bermasker, Jawa Timur sehat ini, terus menggelora," ungkapnya.

Kemudian melibatkan Polres Polres, bersama Kodim, juga akan menyusun langkah-langkah yang sama. Jadi, lanjut Kapolda, Polri dan juga TNI akan mendukung dengan segenap kemampuan yang dimiliki, sebagai upaya untuk menanggulangi Covid-19.

"Upaya mengurangi korban meninggal dunia, menurunkan angka penularan, dan meningkatkan yang sembuh," tandasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00