Desa Dukuh Kediri Diusulkan Jadi Pilot Project Kampung Tangguh Jatim

Kunjungan Karolog Polda Jatim, Kombespol Pranyoto, di Kampung Tangguh Semeru Desa Dukuh, Kecamatan Ngadiluwih, Kabupaten Kediri.

KBRN, Kediri: Desa Dukuh, Kecamatan Ngadiluwih, Kabupaten Kediri diusulkan menjadi Pilot Project untuk berdirinya Kampung Tangguh Semeru lain di Jawa Timur, karena dinilai memiliki sarana penanganan Wabah Covid-19 yang lengkap bagi warganya.

"Kampung Tangguh Desa Dukuh mampu menjadi Pilot Project untuk berdirinya Kampung tangguh lainnya di Wilayah Jawa Timur," kata Karolog Polda Jatim, Kombespol Pranyoto, saat melaksanakan Kunjungan dan Survei Kampung Tangguh, di Desa Dukuh, Kecamatan Ngadiluwih, Kabupaten Kediri, Sabtu (30/5/2050).

Di lokasi ini, Kombespol Pranyoto, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada masyarakat karena telah memiliki kesadaran tinggi dalam melawan Wabah Covid-19. Bahkan, pihaknya sempat kaget ketika tiba di kawasan ini dan melihat seluruh warga mempunyai kedisiplinan tinggi dalam memakai masker.

"Saat masuk di Desa Dukuh, saya sempat kaget karena tidak ada masyarakat, yang tidak pakai masker, karena semua orang pakai masker. Bahkan, di depan rumah warga ada bak air untuk mencuci tangan. Saya ucapkan terima kasih,  sebab di desa justru lebih siap Kampung Tangguhnya," katanya. 

Lalu, ia menilai, kelengkapan sarana dan prasarana serta kesiapan personil Kampung Tangguh Desa Dukuh dalam menghadapi Covid 19 bisa dikatakan cukup lengkap, sesuai kebutuhan masyarakat, dan Protap Kesehatan.

Sementara itu, tentang pembentukan Desa Tangguh Covid 19 di Desa Dukuh, hal ini bertujuan untuk mempermudah dan mempercepat penanganan Covid-19 mulai tingkat Desa. Dengan begitu, diharapkan Warga Desa mampu secara mandiri menghadapi jika situasi pandemi Covid 19 semakin memburuk.

"Di samping itu, meningkatkan kesadaran dan rasa gotong royong masyarakat terhadap situasi lingkungan mereka di tengah Pandemi Covid-19, baik dalam hal kesehatan, keamanan lingkungan maupun kebutuhan logistik pangan warga," katanya.

Sebagai informasi, pada giat ini juga digelar penyerahan secara simbolis bantuan dari Polda Jatim berupa APD, Handscone, Masker, Sepatu Boots, Hand Sanitizer oleh Karolog Polda Jatim, Kombespol Pranyoto kepada Ketua Kampung Tangguh, Manon.

Bahkan, di lokasi ini juga dilaksanakan peninjauan Sarana dan Prasarana, seperti Tempat Command Center, Lumbung Pangan, Tempat Isolasi Mandiri,  Tempat Peralatan Kesehatan Penanganan Evakuasi, dan Pemakaman Covid-19.

Turut hadir di lokasi, Ka Yanma Polda Jatim, AKBP Iwan Ridwan, SH, Kabagpal Rolog, AKBP Drs. Yudo Pramono, Kabag Bekum Rolog Polda Jatim, AKBP. Drs.Maksun HADI, M.AP, Kapolres Kediri, AKBP Lukman Cahyono, S.H. M.H, Wakapolres Kediri, Kompol Andik Gunawan, S.I.K. Ada pula,  Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kediri, Slamet Turmudi, Kapolsek Ngadiluwih, AKP Mukhlason, S.H,Danramil Ngadiluwih Kapt. Inf. Adi, Camat Ngadiluwih Harminto, S. Sos, Kepala Puskesmas Wonorejo drg. Muchoiyaroh, Kepala Puskesmas Ngadiluwih dr.Mustadzim, Pejabat Polres Kediri, Kepala Desa se-Kecamatan Ngadiluwih, Bhabinkamtibmas Desa Dukuh Aipda Ihsantoso, Babinsa Desa Dukuh Koptu Tofan. Kemudian, tampak hadir Gugus Tugas Covid-19 Desa Dukuh, Jajaran Pengurus Kampung Tangguh Desa Dukuh dan Tokoh masyarakat Desa Dukuh. (ac) 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00