Wagub Emil Pastikan Distribusi Perdagangan Jalur Laut Lancar

Emil tinjau terminal peti kemas (Dok. Ist)

KBRN, Surabaya : Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak berkesempatan meninjau Terminal Petikemas Surabaya (TPS). Ia ingin mengetahui dan mendiskusikan soal kecepatan arus logistik perdagangan pusat agro di Jatim. Utamanya perdagangan yang nantinya akan berdampak di Puspa Agro. Sekaligus merespon kenaikan harga pengiriman barang melalui kontainer. 

"Harapan kita, kesemuanya ini bisa terus dikoordinasikan dengan banyak pihak termasuk dengan Terminal Peti Kemas Surabaya," ujar Wagub Emil Elestianto Dardak usai meninjau TPS di Perak Surabaya, Selasa (26/1/2021). 

Menurut Wagub Emil, koordinasi dengan TPS yang dilakukannya dinilai sangat penting. Itu setelah dirinya melihat pemetaan logistik sebanyak 18 persen ekonomi Jatim berasal dari perdagangan. Bahkan, Jatim sendiri telah menyumbangkan lebih dari 1/5 Gross Domestic Product (GDP) perdagangan Indonesia. 

"Jika pengembangan akses jalan utama ke lokasi pusat agro sudah selesai, maka akan memberikan dampak sekaligus potensi sebagai pusat pelayanan kontainer. Terlebih, Kementerian Pertanian sudah menjadikan Pelabuhan Tanjung Perak sebagai sentra logistik holtikultura," jelasnya. 

Melihat peluang itu, Emil ingin meyakinkan kepada para pelaku usaha dan investor agar tetap menatap optimisme perdagangan di tengah pandemi Covid-19 di Jatim. Kendati saat ini, mereka merasa khawatir adanya kenaikan harga peti kemas. 

Selanjutnya :

Halaman 1 dari 3

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00