Pemuda Surabaya Sukses Kembangkan Susu Almond dan Miliki 300 Mitra Binaan

KBRN,  Surabaya: Secara umum, kita mengenal susu adalah produk minuman hewani yang berasal dari sapi, kambing atau kuda. Namun, sebenarnya di luar itu juga ada produk susu nabati yang merupakan hasil olahan dari tumbuh-tumbuhan. Saat ini, susu nabati yang paling digemari di seluruh dunia adalah susu dari kacang almond. Selain rasanya yang lezat, susu almond juga sangat menyehatkan. 

Susu almond mengandung kalsium yang tinggi untuk kesehatan tulang dan dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan. Dan berbeda dengan susu hewani, susu almond tidak mengandung kolesterol. 

“Yang paling penting dari susu nabati adalah tidak mengandung Iaktosa yang ada di susu sapi. Kita tahu banyak sekali masyarakat Indonesia yang merupakan lactose intolerant atau alergi terhadap susu sapi," kata Danan Simangunsong, pendiri Spencer's Premium Grocery dalam gathering bersama pewarta di The Consulate, Surabaya (30/4). 

Pemuda sukses asli Surabaya yang biasa dipanggil Danny ini juga mengatakan, bahwa susu almond bukan hanya menggantikan susu sapi namun juga mempunyai manfaat yang jauh lebih sehat karena kandungan nutrisinya yang melimpah.

 ”Di negara-negara maju, susu almond sudah menjadi budaya baru bagi orang yang peduli dengan kesehatan," tambahnya. 

Danny menceritakan, awal mula merintis Spencer's Premium Grocery sejak tahun 2014. 

"Berawal dari usaha rumahan yang dimulai dari garasi, dia menjual produk susu almond-nya ke orang-orang yang ada di lingkungannya."ungkapnya.

Dan berkat kondisi pasar yang sangat bagus, produknya kini sudah dipasarkan secara nasional di Supermarket kota kota besar di Indonesia seperti Jakarta,  Bandung,  Bali, dan Jogya dengan brand andalannya yaitu Spencer's Almond Milk yang dikenal dengan rasanya yang nikmat, lezat dan sehat. 

Menyasar segmen menengah atas dan kaum yang peduli kesehatan, Danny optimis produk susunya yang dibandrol mulai harga Rp. 16 ribu - Rp. 17 ribu per botol kecil,  mampu bersaing dengan produk susu lain. Terlebih bahan baku yang digunakan adalah Almond dari California dan pemanis alami dari daun Stevia. 

"Meski bahan bakunya masih impor, Kita punya strategi agar harga jualnya tetap stabil dan terjangkau."katanya. 

Tidak berhenti di situ, Danny merasa bahwa susu nabati ini seharusnya bisa jauh Iebih bermanfaat bagi masyarakat Indonesia jika Iebih banyak pihak yang turut memproduksi dan memasarkan di berbagai kota di Indonesia. 

"Untuk itulah Spencer's kemudian membuka program binaan bagi masyarakat di seluruh Indonesia yang ingin berbisnis susu nabati berbasis kacang-kacangan. Mereka dilatih mulai dari memilih bahan, memproduksi, hingga memasarkannya dengan merek sendiri."jelas Danny. 

Peluang bisnis dari program binaan ini tentu saja mendapatkan respon yang sangat bagus dari dunia UMKM di berbagai kota di Indonesia. Dalam program ini, Spencer’s membimbing dan mengedukasi masyarakat yang juga ingin untuk belajar dan ikut terjun dalam bisnis yang sangat menjanjikan ini. 

Menurut Danny, meski akan semakin banyak pelaku bisnis di bidang ini, dia tidak takut akan tersaingi. Dia mempunyai visi bahwa kesuksesan itu patut untuk dibagi dengan masyarakat lain yang juga ingin sukses dari bisnis ini. Dan dia juga percaya bahwa pasar akan bertumbuh semakin besar dengan bertambahnya masyarakat yang berbisnis di bidang ini. 

Sementara itu, Ahmad Rio lndradinata, General Manager dari Spencer's mengatakan, Pihaknya ingin merangkul sebanyak mungkin masyarakat yang ingin belajar bisnis. 

”Kami sangat bangga dengan banyaknya mitra binaan kami yang mengalami transformasi di bidang bisnis dan akhirnya mencapai kesuksesan bersama kami,” jelas Rio yang memimpin program binaan bisnis ini. 

Dikatakan,  dalam membimbing masyarakat yang berminat bisnis minuman kesehatan ini bukan hanya masalah teknis dalam memproduksi susu almond, namun juga mengajarkan mindset bisnis serta memberi bimbingan langsung saat praktik, termasuk bagaimana mengatur manajemen risiko secara benar. 

"Kenapa mindset bisnis kita ajarkan? Karena itulah kunci utama dalam kesuksesan mitra binaan kami. Dan itu pada umumnya tak diajarkan di sekolah formal,” tambah Rio. 

Saat ini, mitra binaan Spencer's Premium Grocery mencapai 300 orang yang tersebar di seluruh Indonesia. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00