Berjualan di Puspa Agro, Gratis Iuran Layanan Hingga Air

Pedagang yang berjualan di Puspa Agro (Dok. Ist)

KBRN, Sidoarjo : Upaya pemulihan ekonomi di Jawa Timur dilaksanakan pada semua sektor. Termasuk sektor perdagangan yang diprakarsai PT Jatim Graha Utama (JGU). BUMD yang mengelola pasar Puspa Agro itu menggelar program untuk masyarakat berjualan dengan layanan gratis. 

Ada beberapa item yang digratiskan. Antara lain, biaya air, biaya parkir, dan iuran bulanan. Direktur PT JGU Mirza Muttaqien mengatakan program tersebut untuk memfasilitasi masyarakat yang ingin berdagang dengan modal stand nol rupiah. Karena itu, dia mengajak masyarakat Jawa Timut untuk mendaftar dan berjualan di area pasar Puspa Agro.

"Ini kesempatan yang gelar untuk pemulihan ekonomi sekaligus memperingati hari Kemerdekan RI," ucapnya, Selasa (9/8/2022).

Program ini berlaku bagi masyarakat Jawa Timur. Setiap orang atau keluarga hanya memiliki satu kesempatan. Warga yang sudah mempunyai kios di pasar lain, juga boleh mendaftar. Program ini tidak berlaku bagi pedagang yang sudah punya kios di pasar Puspa Agro.

Mirza juga menjelaskan kriteria perdagangan yang dibolehkan. Yakni bahan pangan dan holtikultura. "Kami siapkan slot stand dengan ukuran masing-masing sesuai kebutuhan," ujarnya. 

Pasar Puspa Agro berlokasi di Jemundo, Sidoarjo. Pasar tersebut menyediakan grosir untuk sayuran, buah, serta bahan-bahan kebutuhan pangan. Pasar tersebut menjadi jujukan warga Jawa Timur yang menjual sayu di pasar tradisional.

Mereka yang berjualan di area pasar tersebut merupakan tengkulak besar dengan modal yang lebih dari cukup. Program tersebut selaras dengan jargon yang digemborkan JGU, yakni Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat, Jatim Optimis Bangkit. 

"Bisa jadi, banyak masyarakat yang memiliki potensi dan peluang untuk berdagang. Mereka belum bisa merealisasikan karena modal yang terbatas. Program ini akan menyasar masyarakat yang masuk golongan tersebut," imbuhnya. 

"Mereka bisa berdagang tanpa memikirkan iuran layanan, bayar parkir, maupun bayar air. Proses pendaftaran gratis sudah bisa mendapatkan tempar berdagang yang nyaman," tambahnya.

Mirza mengatakan, masyarakat bisa menjajakan dagangan pada tempat yang sudah disediakan. Pasar Puspa Agro memiliki berbagai fasilitas. Dia tidak menyebut batasan kuota yang disiapkan. Artinya, kesempatan mengikuti program ini sangat terbuka. "Semakin cepat mendaftar, itu lebih baik," ucapnya.

Lokasi pendaftaran bisa ke pasar Puspa Agro. Selain itu, masyarakat bisa menghubungi melalui telepon Ke Nurul 0822-3011-2605, atau Teguh 0878-5391-6425. Desain ukuran stand akan diinformasikan lebih detil. Saat ini perkiraan ukuran yang diberikan antara lain, stand sayu berukuran 3 x 3 meter, buah 4 x 6 meter, dan aneka produk lainnya 3 x 4,5 meter.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar