Harga Cabai Melejit, Inflasi Kota Kediri Pada Juni 2022 Tinggi

Harga Cabai Melejit, Inflasi Kota Kediri Pada Juni 2022 Tinggi. (Foto: istimewa)

KBRN, Kediri: Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Kediri mencatat capaian inflasi Kota Kediri pada bulan Juni 2022 berada di angka 0,78 persen.

Menurut Koordinator Fungsi Statistik dan Distribusi BPS Kota Kediri, Adi Wijaya, Senin (4/7/2022), realisasi inflasi Kota Kediri pada bulan Juni lalu merupakan performa paling tinggi, khususnya dibandingkan 8 daerah Indeks Harga Konsumen (IHK) di Jawa Timur.

Adi menjelaskan, kinerja inflasi Kota Kediri juga tercatat lebih tinggi dibandingkan capaian inflasi Jatim sebesar, 0,52 persen. Tak hanya itu, inflasi Kota Kediri juga melebihi inflasi Nasional sebesar 0,61 persen pada bulan Juni 2022.

"Bahan pokok utama pemicu inflasi Kota Kediri pada bulan Juni 2022 di antaranya kenaikan harga cabai rawit harga cabai merah, harga telur ayam ras dan udang," katanya.

Sementara itu, terkait inflasi kumulatif Kota Kediri sejak bulan Januari 2022 hingga saat ini berada di posisi 3,09 persen. Angka kumulatif ini juga terpantau lebih rendah dibandingkan 8 daerah IHK lain di Jawa Timur.(ac)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar