Ini Langkah PLN UP2D jaga Kontinuitas Suplai Tenaga Listrik 20kV

Petugas PLN UP2D melakukan pengecekan (istimewa)

KBRN,  Surabaya : Kontinuitas suplai tenaga listrik 20kV terus dilakukan PLN UP2D. Salah satu yang dilakukan melaksanakan kegiatan pemeliharaan peralatan sistem di Gardu Induk,  Kupang yang berlokasi di jalan Kedungsari Surabaya.

Manager PLN UP2D Uray Aminin mengatakan meningkatkan keandalan system tenaga listrik dengan kegiatan-kegiatan pemeliharaan yang berbasis condition base maintenance dan kegiatan kolaborasi program KOPI BARISTA (KOordinasi – evaluasi, Pemeliharaan dan sosialisasI BAReng lintaS uniT kerjA ) merupakan sinergi PLN UID, UIT,  UIP dan Stakeholder lainnya.

"Sehubungan dengan PLN UP2D sebagai pengatur distribusi  kelistrikan sistem 20kV melalui SCADA maka tim dari bagian Fasilitas Operasi melaksnakan pemeliharaan pada sistem SCADA yang berada di GIS Kupang," ungkap Aminin.

Dijelaskannya, Remote Terminal Unit sebagai bagian dari jalur pengoperasian seluruh peralatan di GIS Kupang sehingga dapat di kontrol secara remote oleh petugas dispatcher." Uji kontrol beserta uji kualitas radio telekomunikasi dilaksanakan secara detail sehingga tidak akan terjadi misskomunikasi kontrol pada peralatan yang berakibat fatal baik terhadap petugas maupun terhadap peralatan, " paparnya.

Dia mengatakan kegiatan pemeliharaan dilaksanakan selama 8 jam kerja dan beban pelanggan dimanuver di penyulang di Gardu Induk lain sehingga meminimalisir pelanggan yang padam." Ada 15  personil dari Tim Pemeliharaan PLN UP2D melaksanakan giat maintenance,  2 personil melaksanakan pemeliharaan dan uji perangkat Remote terminal Unit dan sistem SCADA dan petugas Dispatcher memantau segala kegiatan dan pengoperasian beban melalui sistem SCADA di ruang Dispatcher PLN UP2D," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar