PLN UP3 Surabaya Barat Berikan TJSL Pelatihan dan Pemanfaatan Air Hujan

KBRN, Surabaya: PLN UP3 Surabaya Barat memberikan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) di dua desa yaitu desa Boteng kecamatan Menganti dan Desa Cermen Kecamatan Kedamean, Kabupaten Gresik. Menggandeng komunitas pecinta alam R- Kompas, TJSL tersebut diberikan berupa Pelatihan dan pembangunan instalasi pemanfaatan air hujan. 

"Kita tahu bahwa air merupakan sumber daya yang sangat penting bagi manusia. Tetapi saat ini air bersih semakin sedikit persediaannya karena banyaknya air yang tercemar. Curah hujan yang tinggi harus dapat dimanfaatkan sebaik mungkin. Salah satunya dengan memanfaatkan air limpasan permukaan (runoff) dengan metode memanen air." kata Manajer UP3 SBB Agus Setiono.

Menurutnya, tujuan dari pemberian TJSL ini adalah untuk menciptakan lingkungan bersih dan sehat dengan pemanfaatan air hujan. Disini warga diberi pengetahuan tentang manfaat air hujan, kemudian memberikan pelatihan dan membangun fasilitas pemanfaatan air hujan. 

"Instalasi ini menampung air hujan ke tandon air yang kemudian dimasukkan  kedalam chamber untuk dilakukan reaksi elektrolisis, air yang keluar dari chamber siap untuk dikonsumsi."Jelasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Boteng, Suliswati menyambut baik program TJSL PLN ini karena sangat membantu masyarakat setempat dalam pemenuhan air yang bersih dan sehat.

 “Kami sangat senang, bantuan instalasi pemanfaatan air hujan ini sangat membantu, khususnya bagi daerah yang kesusahan menikmati air bersih, nantinya ilmu ini akan kami tularkan ke RT RW di lingkungan Boteng. Kami akan mendukung program PLN lainnya di desa Boteng”. Paparnya. 

Begitu juga yang disampaikan Moch. Suhadi Kepala Desa Cermen yang juga menyambut baik progam ini.  Suhadi menyampaikan bahwa program PLN ini sangat bermanfaat bagi warga Cermen, apalagi saat ini sedang turun hujan segera dapat direalisasikan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar