Lestarikan Budaya Kearifan Lokal, PLN Dukung Pengembangan Potensi Desa Wisata Edukasi

KBRN, Surabaya: Memiliki alam subur dengan sawah terasiring dan di kelilingi perkebunan serta masyarakatnya yang masih terbalut dalam budaya kearifan lokal, menjadikan Desa Gerbo sebagai salah satu desa penyanggah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) yang berada di ketinggian 700 – 800 mdpl. Dalam mendukung pengembangan potensi alam yang dimiliki Desa Gerbo, Kecamatan Puwodadi, Kabupaten Pasuruan, PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Timur dan Bali (PLN UIT JBM) kembali memberikan bantuan melalui program tanggung jawab sosial dan lingkungan PLN Peduli sebesar Rp. 131.500.000,- 

Mengusung kearifan lokal serta lingkungan di sekitar wilayah Desa Gerbo, bantuan yang diberikan pada tahun kedua ini merupakan pengembangan wisata edukasi dan konservasi Lembah Gunung Tumpeng yang terletak pada jalur jaringan transmisi SUTT 150 kV Purwosari – Pakis. 

Bantuan disalurkan oleh MSB Asset Properti, Komunikasi & Umum PLN UIT JBM, Tonas Hadiwidjaya, kepada pemrakarsa program pengelolaan Desa Wisata Edukasi Gerbo, Pemuda Langganan Keramaian (PLANKER), dan disaksikan langsung oleh Kepala Desa Gerbo, Sutrisno, pada Senin (27/9/2021). 

Disampaikan oleh Tonas saat memberikan sambutan, bahwa penyaluran bantuan TJSL ini merupakan komitmen PLN terhadap kelangsungan kehidupan masyarakat yang berada di sekitar wilayah kerja PLN.

 “Program TJSL PLN Peduli kami salurkan untuk mendukung potensi yang dimiliki oleh desa atau wilayah yang berada lingkungan pekerjaan PLN. Kami harap dengan bantuan yang diberikan dapat membawa kebermanfaatan bersama untuk masyarakat, dan dapat dikembangkan secara berkelanjutan” papar Tonas. 

Dalam kesempatan yang sama, apresiasi disampaikan oleh Kepala Desa Gerbo, Sutrisno, untuk kepedulian yang diberikan PLN terhadap Desa Gerbo. 

“Kami sampaikan terima kasih kepada PLN untuk penyaluran bantuan yang diberikan dalam upaya pengembangan Desa Wisata Edukasi dan Konservasi Lembah Gunung Tumpeng ini, sehingga membuat Desa Gerbo mendapat perhatian dari kementrian pariwisata ekonomi kreatif menjadi nominasi Desa Wisata Nasional”, ujarnya. 

Lebih lanjut juga disampaikan Sutrisno, bahwa melalui pengembangan Desa Wisata Edukasi Lembah Gunung Tumpeng ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian di Desa Gerbo. 

“Hadirnya destinasi wisata edukasi ini kami harap dapat menarik banyak pengunjung dari luar daerah. Selain itu, juga dapat menciptakan kesempatan pekerjaan baru untuk masyarakat sekitar”, terang Sutrisno. 

Nantinya, wisata edukasi dan konservasi Lembah Gunung Tumpeng ini menawarkan paket wisata  dengan pemandangan alam pegunungan dan sajian aktivitas bernuansa pedesaan. 

Pengunjung juga dapat secara langsung melihat dan ikut terlibat dalam proses bertani, tracking dan bersepeda di jalur terasering sawah yang ada disekitar lokasi, dan menikmati hidangan makanan tradisional khas kabupaten Pasuruan. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00