Tegakkan Prokes Covid, BI Kediri Batasi Kontak Penukar Uang Lebaran

Tegakkan Prokes Covid, BI Kediri Batasi Kontak Penukar Uang Lebaran. (Foto: Ayu Citra)

KBRN, Kediri: Menyambut Lebaran di tengah Masa Pandemi Covid, Bank Indonesia Perwakilan Kediri membatasi kontak langsung masyarakat yang ingin menukarkan uang untuk kebutuhan Lebaran 1442 Hijriah. Tujuannya, untuk memutus mata rantai sebaran Virus Corona di wilayah kerja Bank Indonesia Kediri.

"Dengan demikian, maka penukaran uang pecahan baru untuk Lebaran bisa langsung mendatangi Kantor Bank Umum terdekat," kata Deputi Perwakilan BI Kediri, Rizal Moelyana, di Kediri, Sabtu (8/5/2021).

Meski ada pembatasan akses penukaran, Rizal mencatat, realisasi penukaran uang pecahan baru di areanya telah melebihi 80 persen. Hal ini meliputi area BI di Kediri hingga Madiun.

"Pencapaian itu, seiring dengan tren penukaran uang di tengah masyarakat. Khususnya, pada momentum Idul Fitri di mana mereka kerapkali menjalankan tradisi memberikan uang baru terhadap sanak saudara," katanya.

Penukaran uang baru pada Masa Pandemi Covid tahun ini, tidak seperti pada kondisi normal. Sebab, Bank Indonesia Kediri berupaya menjalankan Protokol Kesehatan demi menekan angka perluasan Virus Corona.

Sebagai informasi, dari sisi perbankan juga dilakukan pencegahan kasus Covid, di mana masyarakat yang ingin menukarkan uang pecahan baru wajib mendaftar kolektif, dan mengisi formulir online.  Yang mana, aturan penukaran uang per orang masih sama yakni dibatasi maksimal Rp 3,7 juta per orang.(ac)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00