PLN UP3 Madiun Jamin Pasokan Listrik Aman Saat Ramadhan-Lebaran

KBRN, Madiun: PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Madiun menjamin keandalan dan kecukupan pasokan listrik selama Ramadhan hingga Lebaran 1442 Hijriyah. Mengacu tahun-tahun sebelumnya, selama ramadhan, beban puncak atau konsumsi listrik masyarakat mengalami peningkatan.

Manager Bagian Jaringan PLN UP3 Madiun, Fikih Zulfikar mengatakan, beban puncak kenaikan penggunaan listrik terjadi saat menjelang buka puasa atau pukul 17.30 WIB dan kembali meningkatkan saat sahur atau sekitar pukul 02.30 WIB. Di hari biasa atau hari normal beban puncak sekitar 175 Mega Watt (MW), selama ramadhan rata-rata terjadi kenaikan sekitar 1 persen.

“Komitmen dari PLN kapanpun kita siap untuk keandalan pasokan listrik, baik saat ramadhan maupun hari-hari biasa. Intinya kita siap 24 jam melayani pelanggan,” ungkapnya, Rabu (14/4/2021).

Fikih menyebut, bukan hanya untuk kebutuhan rumah tangga, listrik juga turut menunjang ibadah selama ramadhan seperti salat berjamaah, tarawih, tadarus Al-Qur’an, dan kegiatan lainnya. Selain masjid atau mushola yang digunakan untuk ibadah selama Ramadhan, Rumah Sakit dan infrastruktur pendukung pemulihan Covid-19 juga menjadi skala prioritas pemantauan. Selain itu, PLN juga memantau kelistrikan di rumah masyarakat agar masyarakat bisa beribadah dari rumah dengan nyaman.  

Fikih menegaskan, selama ramadhan ini, PLN berupaya mengurangi kegiatan pemadaman listrik yang terencana. Kalaupun ada, sifatnya pemeliharaan rutin. Meski begitu, ia memastikan mulai H-7 hingga H+7 nanti tidak akan ada pemadaman terencana, karena merupakan masa siaga lebaran.

“Untuk H-7 sampai H+7 kita tidak ada pemadaman terencana, karena itu bagian dari masa siaga lebaran. Jadi saat ini sebisa mungkin kita perbanyak pemeliharaan rutin tujuannya untuk keandalan yang lebih baik,” pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00