Lantik Kepsek Baru, Smamda Sidoarjo Target jadi Sekolah Unggulan Tingkat Asia

Prosesi pelantikan Kepala Sekolah baru SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo


KBRN, Sidoarjo : M. Zainul Arifin resmi dilantik sebagai Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo (Smamda) periode 2022-2026. Pelantikan itu digelar di Auditorium sekolah, Kamis (24/11/2022).

M. Zainul Arifin, S.Kom., M.M. Waka Sarana dan Prasarana tiga periode ini menggantikan Wigatiningsih, M.Pd yang menorehkan banyak prestasi selama menjabat sebagai kepala sekolah dua periode.

Prosesi sumpah jabatan sekaligus pelantikan dilakukan langsung oleh Sekertaris Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur, Ir. Tamhid Masyhudi. 

Dalam sambutannya ia berpesan untuk kepada kepala sekolah yang baru untuk meneruskan program kerja kepala sekolah sebelumnya dengan perencanaan yang lebih baik dan inovatif.

"Wajib hukumnya meneruskan program prioritas kepsek yang lama dengan inovasi yang lebih baik. Selain itu, peningkatkan semua potensi SDM yang dimiliki sekolah serta menyamakan persepsi semua guru dan karyawan juga harus dipertahankan," pesan Ir. Tamhid dalam sambutannya.

Purna tugas sebagai kepala sekolah sebelumya, Wigatiningsih berpesan sederet program prioritas yang wajib hukumnya untuk diteruskan oleh kepala sekolah baru.

Sejak tahun 2020 Smamda telah menyiapkan rencana strategis yang telah diadopsi dalam rencana induk kepala sekolah (RIPS). Target menjadi sekolah unggulan yang diakui hingga tingkat Asia rupanya telah dijalankan sejak tahun 2020 dengan target realisasi 2036 mendatang.

"Di tahun 2036 itu targetnya Smamda menjadi sekolah unggul dan mendapatkan pengakuan di tingkat Asia," ungkap mantan kepala sekolah dengan sederet prestasi ini.

Diharapkannya, rencana induk kepala sekolah yang ia mulai sejak tahun 2020 itu wajib dikawal hingga mencapai goals sesuai target.

"Saya sudah memulai dengan menjalin kerjasama dengan beberapa negara seperti Malaysia, Singapore, Thailand dan German yang insyaallah sudah berjalan. Dan itu harus dikuatkan dengan segala aspek dan kesungguhan," ucapnya.

Sementara itu, M. Zainul Arifin sebagai kepala sekolah baru siap menguatkan networking kepemimpinan kepada seluruh warga Smamda. Menurutnya, boarding school yang dimiliki Smamda akan diperkuat dengan pembangunan dan penguatan SDM yang ada.

"Smamda akan membuat boarding school yang lebih besar, dalam waktu dekat kami akan segera membangun gedung baru untuk membuktikan bahwa Smamda tak hanya untuk warga Sidoarjo saja melainkan terbuka untuk dunia pendidikan Internasional," ujarnya.