Tiongkok Sumbang Alat Protokol Kesehatan untuk Jatim

Gubernur Jatim Khofifah terima Sumbangan Alat Prokol Kesehatan dari Tiongkok (Foto: Anik RRI)

KBRN, Surabaya : Berbagai elemen bahu membahu membantu Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) dalam upaya menekan angka penyebaran Covid-19, melalui gerakan Jatim Bermasker.

Kali ini, Pemprov Jatim menerima bantuan berupa masker serta peralatan penunjang protokol kesehatan dari empat elemen. Yakni dari Konjen Tiongkok, Organisasi persahabatan Indonesia-Tiongkok, perusahaan, dan wartawan Pokja Pemprov.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menerima dengan senang hati, bantuan yang diberikan melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jatim ini.

"Terima kasih, tiga lembaga yang memberikan support. Kemudian teman-teman dari Pokja Pahlawan, terima kasih kebersamaan yang sangat indah sekali," ujar Khofifah, Kamis (2/7/2020).

Khofifah menuturkan, sejak pertengahan Maret lalu, Pemprov mengajak seluruh elemen strategis, untuk bergotong-royong melawan Covid-19. Kegotongroyongan ini, kata Khofifah, tidak sekadar saat itu atau saat ini.

"Tetapi kegotongroyongan ini adalah untuk membangun Jawa Timur pada masa masa yang akan datang, Jawa Timur yang lebih berkemajuan, Jawa Timur yang lebih terdepan," ucapnya.

Sementara itu, Konjen Tiongkok di Surabaya, Mr. Gu Jing Qi menuturkan, sumbangan yang diberikan ini dari tiga organisasi. Diakuinya, peralatan protokol kesehatan ini menurutnya terbatas, lantaran keterbatasan cukai penerbangan.

"Ini adalah sebagian dari goverment to goverment, dari rakyat kepada rakyat itu menunjukkan betapa baiknya hubungan persahabatan antara Indonesia dan Tiongkok," katanya.

Mr. Gu Jing Qi mengatakan, bantuan ini sekaligus menunjukkan hubungan sebagai tetangga yang baik antara Indonesia dan Tiongkok.

"Saya berharap di bawah pimpinan Ibu Gubernur Jawa Timur termasuk Surabaya, mari kita bersama-sama untuk perang Covid-19," tandasnya.

Bantuan tersebut antara lain, dari Konjen Tiongkok menyumbang masker medis sekali pakai 10.000 pcs, masker KN95 1000 pcs, Alat Pelindung Diri 280 pcs, kacamata pelindung 120 pcs, dan CPAP Ventilator 4 unit.

Kemudian Yayasan Jembatan Persahabatan Indonesia-Tiongkok, membantu masker sebanyak 30.000 pcs, dan Termometer Gun 200 unit.

Lalu dari perusahaan PT New Asia Internasional, menyumbang 20.000 pcs masker. Dan dari wartawan Pokja Pemprov Jatim sebanyak 10.000 masker.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00