Taman Asmaul Husnah, Fasilitas Baru Masjid Al Akbar untuk Belajar dan Ibadah

Gubernur Khofifah Resmikan Taman Asmaul Husnah (Foto: Istimewa)

KBRN, Surabaya : Masjid Nasional Al Akbar Surabaya (MAS), menerapkan prinsip meramaikan dan memakmurkan amsjid, dengan memperluas fasilitas publik, yaitu membuka Taman Asmaul Husna dan Green Toilet.

Taman Asmaul Husna, adalah sebuah taman yang bisa dinikmati seluruh lapisan umur, dan terdaoat tiang tiang pendek, yang bertuliskan Asmaul Husna atau nama nama Alloh SWT. Sehingga, diharapkan masyarakat bisa sambil belajar.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, secara langsung meresmikan Taman Asmaul Husna yang berada di sisi utara halaman Masjid Al Akbar.

"Saya rasa kita harus semakin mengajak anak anak kita, adik adik, dan seluruh warga, untuk mencintai dan memakmurkan Masjid. Jadi paswordnya adalah, mencintai dan memakmurkan Masjid," ujarnya, Jumat petang (5/6/2020).

"Ini menjadi bangunan yang berwawasan lingkungan," tambahnya.

Kemudian berikutnya adalah Green Toilet. Menurut Khofifah, inisiatif yang dilakukan oleh pengurus atau pengelola Masjid Al Akbar ini, yaitu menyediakan satu kawasan toilet yang menyenangkan, bersih, mengolah air limbah bekas toilet.

"Dengan harapan, proses yang dilakukan dalam pengolahan limbahnya, airnya sebetulnya ya, bisa memberikan referensi bagi Masjid Masjid lain," imbuhnya.

Limbah airnya diolah sedemikian rupa, sehingga kemudian dapat digunakan untuk menyiram tanaman tanaman yang ada disekitar halaman Masjid Al Akbar. Bahkan, juga untuk mengairi kolam ikan.

"Ini manfaat yang akan terus mengaliri, dan mengairi, dari kehidupan habitat yang ada di lingkungan Masjid Al Akbar," tuturnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00