Nenek 100 Tahun Sembuh dari Covid-19, Usai Sebulan Dirawat

Gubernur Khofifah Bersapa Virtual dengan Nenek Kamtin (Foto: Istimewa)

KBRN, Surabaya : Jumlah pasien yang terkonversi negatif atau sembuh dari Covid-19 di Jawa Timur, bertambah 19 orang per 29 Mei 2020. Satu diantaranya datang dari Kota Surabaya, seirang nenek berusia 100 tahun.

Kamtin, nenek warga Gresik PPI Surabaya ini telah menjadi survivor tertua di Jatim, yang berhasil melawan Covid-19, meskipun memiliki komorbid atau penyakit bawaan berupa katarak.

Siti Aminah, putri dari Nenek Kamtin berpesan, agar masyarakat Jatim turut menjaga orang tua kita, khususnya mereka yang sudah berusia lanjut, agar tidak terkena Covid-19, karena mereka adalah kelompok rentan.

"Hidup bersih, pakai masker, dan taat protokol kesehatan," ujar Siti Aminah yang juga anggota Tim Tangguh di Kampungnya, Jumat malam (29/5/2020).

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menututkan, Nenek Kamtin menjalani proses perawatan akibat Covid-19 tersebut sekitar sebulan lamanya, sebelum akhirnya dinyatakan sembuh.

"Beliau saat ini berada di Kampung Tangguh, dan putrinya beliau juga menyampaikan kalau jadi kader di Kampung Tangguh," kata Khofifah.

Pesan Siti Aminah, yang merupakan putri Nenek Kamtin, lanjut Khofifah adalah, disiplin, kemudian melaksanakan hidup bersih dan sehat, serta mengikuti protokol kesehatan.

"Jadi, saya rasa ini bahagia di hari lansia, 29 Mei 2020, ada warga berumur 100 tahun, dan Alhamdulillah sembuh dari layanan perawatan satu bulan di rumah sakit akibat Covid-19," terangnya.

Artinya kata Khofifah, siapapun memiliki kesempatan yang sama untuk bisa survive atau sembuh dati Covid-19. Kuncinya, tutur Khofifah, adalah tetap semangat dan yakin untuk bisa sembuh.

"Insya Alloh ada harapan kesembuhan yang sama seperti yang dialami oleh Ibu Kamtin. Tapi lebih itu, pesan beliau adalah disiplin," tegasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00