135 Tenaga Kesehatan di Jatim Dinyatakan Positif Covid-19

Dokter Kohar Heru Santoso (Foto: Istimewa)

KBRN, Surabaya : Sebanyak 135 tenaga kesehatan di Jawa Timur, telah dinyatakan positif terinfeksi Covid-19. Hal ini menunjukkan, mereka sebagai garda terdepan dalam melawan Covid-19, sangat rentan tertular.

Koordinator Tim Tracing Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jatim dr. Kohar Heru Santoso mengatakan, bahwa tenaga kesehatan yang terinfeksi Covid-19 itu tersebar diberbagai rumah sakit di Jatim. Tapi dipastikan paling banyak berada di Surabaya.

"Tenaga kesehatan, 135 yang terinfeksi," katanya, Kamis malam (27/5/2020).

Dia menjelaskan bahwa kebanyakan tenaga kesehatan yang terinfeksi adalah dari kalangan perawat. Kohar merinci, ada 62 perawat yang sudah terinfeksi dan 2 diantaranya meninggal dunia. Dan yang masih dalam perawatan, sebanyak 28 orang.

Kemudian disusul dari kalangan dokter, setidaknya ada 47 dokter yang terinfeksi Covid-19, bahkan 3 dokter dinyatakan meninggal dunia. "Sedangkan yang masih menjalani perawatan ada 23 dokter," kata Kohar.

Disinggung tentang kabar yang menyatakan bahwa banyak tenaga medis di RS Universitas Airlangga (RSUA) yang positif Covid-19, dr Kohar tidak enggan memberikan komentar. "Nah, silahkan tanya langsung saja ke pihak RSUA," katanya.

Yang jelas lanjutnya, tenaga medis yang terkonfirmasi positif Covid-19 ini selain dari perawat dan dokter juga ada dari bagian lain, seperti apoteker. Namun jumlahnya relatif lebih sedikit dibandingkan dengan perawat yang langsung bersentuhan dengan para pasien Covid-19.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00