Sekali Tes, Mobile Combat PCR Mampu Layani 800 Sample

Mobile Combat PCR Test (Foto: BNPB)

KBRN, Surabaya : Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Jatim) mendapat bantuan dua unit mobile Combat yang dilengkapi mesin PCR test, dari Tim Gugus Tugas Pusat, untuk membantu percepatan penanganan Covid-19.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan, di dalam mobil ini terdapat 4 mesin PCR test. Satu kali test, bisa melayani 200 sample, maksimal satu mesin dua kali test. Sehingga bisa langsung 400 sample.

"Berarti, kapasitas maksimum bisa 400," ujar Khofifah, Kamis (28/5/2020).

Dua unit mobile combat dengan masing masing 4 mesin PCR test ini, nantinya akan berkeliling atau mobile ke titik titik tertentu, guna mempercepat identifikasi hasil test masyarakat, terkait ada tidaknya Covid-19 dalam tubuhnya.

"Berarti, aatu mobil ini, Insya Alloh, itu bisa maksimum test 800 spesimen," imbuhnya.

Bantuan mesin PCR ini, diharapkan akan mempercepat proses test masyarakat, karena data yang ada saat ini, sample diduga sudah menumpuk atau masih 'waiting list' di beberapa laboratorium.

"Jadi Insya Alloh, kaitan dengan Institute Tropical Disease (ITD Unair) yang sekarang ini sebetulnya jadi andalan kita semua, kami saat ini sudah tersuport dua mobil, dengan masing masing 4 mesin PCR test," terangnya.

Bantuan dari BNPB ini bukan hanya mobil dan mesin PCR test-nya saja, melainkan juga dengan tenaga analisisnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00