Penuhi 6 Pedoman WHO, Malang Raya Segera Terapkan New Normal Life

Gubernur Khofifah (Foto: Istimewa)

KBRN, Surabaya : Malang Raya akhirnya diputuskan untuk menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) hanya sekali saja. Tiga wilayah yang terdiri dari Kota Kabupaten Malang dan Kota Batu ini, dinilai berhasil tekan angka penyebaran Covid-19.

Untuk selanjutnya, Malang Raya bersiap menerapkan masa transisi pasca PSBB yang berakhir pada 30 Mei 2020 mendatang, selama 7 hari, sebelum akhirnya akan sepenuhnya menerapkan new normal life.

Merujuk pada pedoman WHO, transisi pasca restriksi (PSBB) harus memenuhi 6 kriteria. Dan Malang Raya, dinilai telah berhasil memenuhi sebagian besar dari 6 syarat transisi menuju new normal life tersebut.

"Jadi kalau restriksinya adalah PSBB, ada 6 yang harus dipastikan, setelah pembatasan, kita akan melakukan transisi menuju new normal," ujar Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, Kamis (28/5/2020).

6 pedoman tersebut, kata Khofifah harus termonitor dan terkontrol pada masa transisi tersebut, untuk kemudian sepenuhnya bisa menerapkan new normal life, atau hidup berdamai dengan Covid-19.

6 pedoman tersebut antara lain :

1. Bukti bahwa persebaran Covid-19 terkontrol.

2. Kapasitas kesehatan saat ini masih cukup untuk tes, isolasi di rumah sakit, tracing dan karantina pasien terkonfirmasi.

3. Populasi beresiko harus dilindungi khususnya orang berusia lansia dan individu dengan penyakit komorbid.

4. Selalu pakai masker, jaga jarak dan menerapkan protocol kesehatan.

5. Resiko penyebaran kasus baru, diminimalkan.

6. Komunitas juga turut aktif dalam melawan penyebaran Covid-19.

"Kami sudah mendapatkan evaluasi, masukan dari poin satu, dari Pak Danrem maupun dari tiga Kepala Daerah Malang Raya," tambahnya.

"Poin kedua, kami juga mendapatkan konfirmasi dari tiga Kepala Daerah, ini juga tercukupi. Bahkan untuk Kota Batu, fasilitas untuk pasien Covid, sampai dengan hari ini, baru terpakai 20 persen," lanjutnya.

"Yang kelima inipun, tiga Kepala Daerah se Malang Raya, dapat melakukan monitoring dengan pasti, bahwa mereka bisa mengontrol dengan peta yang dimiliki," tandasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00