Tambah 181, Positif Covid-19 di Jatim Mencapai 4.112 Kasus

Koordinator Tim Tracing, dr. Kohar Heru Santoso (Foto: Istimewa)

KBRN, Surabaya : Jumlah pasien yang terkonfirmasi positif, per Rabu 27 Mei 2020 di wilayah Jawa Timur bertambah sebanyak 181 kasus. Penambahan terbanyak dari Kota Surabaya 98, Kab Sidoarjo 23, Kab Gresik 19, dan Kab Kediri 16.

Dengan demikian, jumlah kasus positif Covid-19 di Jatim, sampai dengan saat ini terkonfirmasi sebanyak 4.112 orang. Sedangkan yang masih dalam perawatan, sebanyak 3.208 orang.

Koordinator Tim Tracing, dr. Kohar Heru Santoso menjelaskan, sebaran yang terkonfirmasi hari ini, baru akan dilakukan tracing esok harinya. Namun diakui, sebagian besar yang terkonfirmasi positif Covid-19, berasal dari klaster yang ada.

"Diantaranya itu memang mengisi dari klaster klaster yang ada, kemudian ada penambahan dari klaster nakes (tenaga kesehatan, red)," ujarnya, Rabu malam (27/5/2020).

Dari jumlah kasus positif, ada klaster kapal barang, yang sampai saat belum masuk ke data wilayah Kab Kota. Sebanyak 19 Anak Buah Kapal (ABK), menjadi klaster dan data tersendiri, serta dilakukan karantina mandiri diatas kapal.

"Mereka isolasi di kapal, gak apa apa di kapal. Gejala klinisnya gak ada, tapi dia konfirm. Artinya dia OTG, orang tanpa gejala," tambahnya.

Meski tanpa gejala klinis, bukan berarti mereka tanpa pengawasan. Dr. Kohar memastikan, kondisi kesehatan mereka diawasi oleh tim kesehatan dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Tanjung Perak Surabaya.

"Mereka juga laporan," ucapnya.

Sementara itu, jumlah pasien yang sembuh juga bertambah 26 orang. Sehingga total pasien yang terkonfersi negatif atau sembuh, sebanyak 548 orang.

Sedangkan jumlah pasien yang meninggal dunia karena Covid-19 di Jatim, bertambah sebanyak 15 orang. Sehingga total yang meninggal dunia, sebanyak 337 orang.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00