Ini Hasil Musrenbang Kecamatan di Kota Madiun

KBRN, Madiun : Pemerintah Kota Madiun mendapat banyak usulan dari masyarakat saat menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang), Kamis (13/2/2020). Seperti di Kecamatan Kartoharjo misalnya, ada 1.550 usulan yang mengemuka.

Camat Kartoharjo, Tjatoer Wahyudianto mengatakan, dari 1.550 kegiatan yang diusulkan, 1.000 diantaranya kegiatan fisik sarana prasarana, termasuk jalan ring road timur (JRRT) dan fly over. Kemudian juga ada 550 usulan kegiatan non fisik. Anggaran yang diusulkan sekitar Rp619 Milyar.

Kemudian pembangunan tiga tanggul kali (sungai) yang ambrol. Ketiganya masing-masing di Kali Piring Kelurahan Pilnagbango, Kali Mati di Kelurahan Pilangbango dan Tawangrejo. Selanjutnya renovasi tiga kantor kelurahan dan gedung pertemuan yang kondisinya dianggap kurang layak. Masing-masing di Kelurahan Kartoharjo, Kanigoro dan Kelun.

“1.000 usulan itu kan proyek mulai yang kecil, sedang sampai besar. Yang paling besar kan yang ring road tadi. Kemudian yang 550 usulan non fisik ya kebanyakan pelatihan untuk peningkatan SDM. Yang banyak kita alokasikan dari dana kelurahan di masing-masing kelurahan,” ungkap Tjatoer usai kegiatan Musrenbang, Kamis (13/2/2020).

Sementara itu Walikota Madiun, Maidi menyatakan tidak semua usulan masyarakat dapat diakomodir dalam satu tahun anggaran. Pihaknya akan memprioritaskan kegiatan fisik maupun non fisik sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

“nanti kita lihat skala prioritasnya lah. Maka program itu harus sesuai dengan RPJMD, sesuai dengan keuangan, sesuai dengan waktu atau schedule dan kalau sudah jadi harus bermanfaat. Usulan paling banyak ya di Karto (Kecamatan Kartoharjo.red) sini, tapi kan itu mungkin JRRT dan Fly over dimasukkan, makanya besar anggarannya. Tapi kan itu pakai dana APBN,” kata walikota.

Sebelumnya, pemkot juga telah melakukan musrenbang di Kecamatan Manguharjo pada Selasa (11/2/2020). Seluruhnya ada 1.305 usulan dengan anggaran sekitar Rp73 Milyar. Rinciannya untuk kegiatan ekonomi, sosial dan budaya ada 311 kegiatan, fisik sarpras 938 kegiatan dan pemerintahan umum 56 kegiatan.

Sedangkan Musrenbang di Kecamatan Taman telah berlangsung pada Rabu (12/2/2020). Hasilnya, terdapat 628 usulan, terinci pembangunan fisik dan sarana prasarana ada 431 usulan kegiatan. 141 usulan non fisik, dan 56 usulan terkait pemerintahan umum.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00