PMI Datangi Pendonor, Atasi Berkurangnya Stok Darah di Jatim

KBRN, Surabaya : Dampak dari pandemi Covid-19 saat ini, pendonor pada awalnya sempat berkurang 50-60 persen. Hal itu disampaikan Ketua PMI Jatim H. Imam Utomo, Minggu (5/4/2020).

Saat ini stock darah untuk Golongan darah A sebanyak 2.860 kantong, Golongan darah B sebanyak 2.376, golongan darah AB 4001 kantong dan Golongan Darah O sebanyak 1043 kantong.

Pihaknya menyatakan, penurunan stok darah tersebut langsung direspon oleh PMI Jatim lewat penjemputan kepada para pendonor hingga memberikan layanan langsung dengan menggelar donor darah kepada TNI - Polri dan satuan angkatan TNI AL maupun TNI AU serta Pemprov Jatim.

"Allhamdulillah langkah yang kami ambil membuahkan hasil sehingga kebutuhan darah penurunannya menjadi 30-40 persen saja," ujarnya.

"Kedepan, kami akan mengintensifkan mobil keliling baik di Grahadi maupun kantor kantor Pemprov Jatim dalam menjangkau para pendonor darah," tutupnya.

H. Imam Utomo mengatakan, dalam mengatasi pandemi Covid-19 ini PMI Jatim telah mengambil langkah preventif berupa penyemprotan desenfiktan, masker, hand sanitizer hingga mensosialisasikan kepada masyarakat untuk mencuci tangan. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00