Hujan Deras, Seorang Mahasiswa Di Kota Kediri Meninggal

RRI, Kediri: Akibat hujan deras disertai angin kencang, seorang mahasiswa IAIN Kediri, Wahyu Mukti Prasetio dengan alamat Dusun Plaosan, RT 26 RW 06, Desa Plaosan, Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri meninggal dunia, karena luka di kepala pasca tertimpa pohon di Kawasan Sumber Jiput, Kota Kediri.

Menurut keterangan saksi, Riza Afiudin (19), Mahasiswa IAIN Kediri, jurusan PGMI, ia menerangkan, bahwa pada saat hujan deras korban sedang duduk sambil minum kopi di warung Mbah Joyo (milik  Hendrik) bersama sejumlah temannya, bernama Ubet, Akfi, dan Nopal, yang semuanya adalah Mahasiswa IAIN Kediri.

"Tiba-tiba, saat itu hujan deras disertai angin kencang, dan mengakibatkan pohon besar patah dan menimpa warung yang ditempati korban. Pada kejadian ini, seketika langsung berlari ke luar warung, namun pohon ini sudah mengenai teman kami (Wahyu, red)," kata Riza Afiudin (19), Mahasiswa IAIN Kediri, saat diminta keterangan oleh petugas terkait, di Kediri, Senin (9/12/2019).

Sementara, dari catatan Polres Kediri Kota, melalui Kasat Intelkam, AKP Maryono., S.H, peristiwa hujan disertai angin kencang ini terjadi pada hari Senin, 9 Desember 2019, pukul 14.30 WIB. Kondisi ini lantas berdampak pada tumbangnya sejumlah pohon di wilayah hukum Polres Kediri.

Maryono menyebutkan, area terdampak di Wilayah Kecamatan Kota, Kota Kediri meliputi Kawasan Sumber Jiput di Kelurahan Rejomulyo, Kota Kediri. Di tempat ini, terlihat pohon tumbang menimpa warung/ rumah, hingga ada korban jiwa dan saat ini sudah dilarikan ke rumah Sakit RSUD Gambiran II Kota Kediri, dengan identitas korban.

"Korban ini atas nama Wiwik Sundari, pekerjaan pedagang, dan beralamat di Jalan SMA 6 RT 3 RW 5, Kelurahan Rejomulyo, Kota Kediri. Setelah diperiksa tenaga medis, diketahui Wiwik mengalami luka, dan patah tangan lengan kiri. Lalu, korban selanjutnya bernama Dian Hadi Yuwono, seorang wiraswasta, dengan domisili di Dusun Mantren RT 2 RW 3, Desa Tengger Kidul, Kecamatan Pagu, Kabupaten Kediri dan menderita luka memar/keseleo paha kaki kiri," katanya.

Di tempat terpisah, bencana pohon tumbang ini juga tampak di Jalan Hayam Wuruk Kota Kediri, di mana ada pohon tumbang dan menimpa 1 unit Mobil berpelat nomor AG 1691 AS dan 1 rombong Pedagang Kaki Lima (PKL). Selain itu, juga ada pohon tumbang, masing-masing di Jalan Mayjen Sungkono Kota Kediri, dan di Jalan Urip Sumoharjo Kota Kediri.

Di samping itu, di lokasi berbeda, di Jalan Panglima Polim Kota Kediri, terlihat tiang jaringan Telkom patah ke arah jalan. Lalu, Jalan Sultan Agung, Kecamatan Kota, Kota Kediri juga tampak pohon tumbang yang mengarah ke jalan. Ada pula, di Depan Sarina Motor di Jalan Brigjen Katamso, juga tampak pohon tumbang ke jalan dan menimpa kabel listrik.

"Sementara, di Jalan PK. Bangsa Kota Kediri terlihat ada 2 titik pohon tumbang ke jalan. Lantas, di Jalan Sriwijaya Kecamatan Kota, Kota Kediri juga bencana pohon tumbang yang menimpa mobil AG 1582 AZ, sedangkan di Jalan Mayjen Sungkono Kota Kediri (depan Ban Maju) terlihat pohon tumbang ke jalan dan di Lapangan Utara Kelurahan Rejomulyo, Kota Kediri tampak Tower Telekomunikasi bengkok," katanya.

Untuk di wilayah Kecamatan Mojoroto, dampak hujan deras ini tampak di Jalan KH. Agus Salim di mana ada pohon tumbang ke jalan. Berikutnya, di Jalan Ahmad Dahlan (depan Cafe Rumah Coklat) ada pohon tumbang ke jalan dan menimpa kabel Listrik. Sementara, di Jalan Raung (depan MTS 1 Muning ) ada pohon tumbang ke jalan.

"Bahkan juga ada kejadian pohon tumbang ke jalan, masing-masing seperti di lokasi Pojokan di Jalan Inspeksi Brantas (Pasar Bandar), di Perbatasan Tamanan - Semen (depan Terminal), dan di Jalan Dr. Sahardjo," katanya.

Kalau di Kecamatan Pesantren, lanjutnya, juga terjadi pohon tumbang di Jalan Brigjen Pol. Imam Bachri, dan hal sama terlihat di Jalan Kapten Tendean. Sementara, di Jalan Letjen Haryono (depan STIKES Surya Husada) kejadian ini mengakibatkan Gardu Listrik meledak.

"Lalu, di Jalan HOS Cokroaminoto ada pohon tumbang ke jalan dan berdampak pada putusnya kabel listrik dan kabel telepon. Ada juga 1 pohon tumbang ke jalan di Simpang RS Baptis Kediri, serta di Perempatan Burengan ada 2 pohon tumbang ke arah jalan, sedangkan di Jalan Letjen S. Parman, Kelurahan Tosaren juga ada pohon tumbang ke jalan," katanya.

Namun, imbuh Maryono, di Simpang Tiga Burengan, Kecamatan Pesantren juga ada pohon tumbang ke jalan dan menimpa 1 unit mobil berpelat nomor S 1912 SR. Lalu, untuk wilayah Polsek Rural (type B ) Polres Kediri Kota, hasil koordinasi sementara nihil bencana alam pohon tumbang.

Terkait langkah yang telah diambil, dalam kejadian ini Polres Kediri Kota bekerja sama dengan BPBD Kota Kediri dan warga setempat untuk membersihkan pohon-pohon yg tumbang ke jalan. Lalu, juga melakukan koordinasi dengan pihak PLN terkait pemutusan arus listrik sementara, mengingat banyak kabel listrik yang tertimpa pohon tumbang.

"Bahkan dari Jajaran Sat Lantas dan Sat Sabhara juga langsung melakukan pengaturan dan pengalihan arus Lalin. Petugas juga melakukan pendataan lebih lanjut lokasi bencana alam pohon tumbang," katanya. (ac)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00