Pelantikan Perwira TNI-Polri, Khofifah: Bangun Strong Partnership

Gubernur Khofifah memberikan sambutan pada pelantikan perwira TNI Polri (Dok. Istimewa)

KBRN, Surabaya : TNI sebagai garda terdepan menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Pesan itu disampaikan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, kepada Prasetya Perwira TNI dan pelantikan Perwira Polri tahun 2020.

Khofifah yakin, selama 4 tahun telah mengikuti pendidikan, semua dilakukan dengan berbagai semangat, motivasi yang kuat. Bukan sekedar untuk menjadi TNI, tetapi bahwa kekuatan yang bersatu di dalam diri, energi, motivasi yang ada di dalam semangat.

"Saya yakin adalah lebih tinggi dari menjadi TNI, yang lebih tinggi itu adalah mendedikasikan diri untuk menjaga dan mengawal Negara Kesatuan Republik Indonesia," ujar Gubernur, Selasa (14/7/2020).

Khofifah juga menyampaikan pidato Trisakti Bung Karno tahun 1963. Yang pertama berdaulat secara politik, ada independensi di dalam mengawal Negara Kesatuan Republik Indonesia, bagaimana mengawal kedaulatan rakyat, bagaimana mengawal kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Maka saya yakin seluruh jajaran TNI, jajaran Polri, akan berada di garda terdepan untuk menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia," imbuhnya.

Kedaulatan yang juga dijaga adalah kedaulatan pangan. Bagi Bangsa Indonesia, lanjut Khofifah, beras adalah komoditas politik. Apabila ada krisis pangan, khususnya krisis beras, maka bisa berpotensi terhadap kemungkinan terjadinya instabilitas politik.

"Maka TNI di semua lini, menjaga kedaulatan pangan dengan berbagai macam cara," tambah Khofifah.

Pesan Bung Karno berikutnya, lanjut Khofifah, Indonesia harus bisa berdikari secara ekonomi. Dimana hari ini orang tidak cerita kompetisi, tetapi semua berkolaborasi. Kalau ingin sukses hari ini kita harus melakukan kolaborasi.

"Dengan membangun Strong Partnership, kita membutuhkan kemitraan yang kuat di antara satu dengan yang lain di jajaran ketentaraan tentu adalah TNI AL, TNI AU, TNI AD, kemudian dalam bidang pengamanan dengan kepolisian," katanya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00