Meski Diajarkan Secara Online, SNA Summer Program 2020 Banjir Peserta

KBRN, Surabaya: Sebanyak 382 siswa mengikuti SNA Summer Program 2020 yang rencananya akan diselenggarakan pada tanggal 8 Juni hingga 4 Juli 2020 mendatang. Tidak kalah dengan siswa Singapore National Academy itu sendiri, banyak peserta dari beberapa sekolah lain di Surabaya dan Sidoarjo yang antusias untuk mendaftarkan diri sejak awal program ini dibuka pada bulan lalu.  

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, program pendidikan tambahan yang biasanya dilaksanakan pada masa liburan kenaikan kelas ini akan diajarkan secara online selama satu bulan penuh. 

Seorang Siswi Belajar Secara Daring

Peter Araman, Academic Advisor SNA mengatakan bahwa semua orang tua dan masyarakat Indonesia khususnya Surabaya sedang dalam tekanan luar biasa atas adanya pandemic Covid-19 ini. 

“Summer Program ini merupakan upaya kami untuk  memberikan kegiatan bagi siswa yang melibatkan pikiran dan fisik dengan cara yang produktif dan menyenangkan saat menjalani karantina diri di rumah. Jenis-jenis kursus di dalamnya telah kami pilih secara hati-hati sesuai dengan tingkat usia siswa dimana akan memberikan berbagai keterampilan baru, teman-teman baru serta kecerdasan dalam menggunakan teknologi sebagai alat belajar masa kini,” ucapnya, Kamis, (4/6/2020). 

 Dijelaskan, Kursus-kursus yang tergabung didalamnya diminati oleh banyak siswa baik dari Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama hingga Sekolah Menengah Atas. 

Siswa Belajar di Summer Program

"Kursus yang diajarkan langsung oleh 34 guru expatriate dan local serta alumni SNA ini sebagian besar menggunakan bahasa Inggris sebagai medium pembelajaran.  Setiap siswa dapat memilih hingga 17 jenis kursus sesuai dengan pilihan dalam kelompok umurnya."Ujarnya. 

Sementara itu, Kerry Graham, selaku guru bahasa Inggris SNA menuturkan, program ini merupakan kesempatan yang bagus untuk memperluas minat siswa karena kursus yang ditawarkan disini tidak terdapat dalam pelajaran sekolah normal.

 “Seperti kursus Story-telling, saya telah memilih beberapa buku bacaan anak kontemporer yang sangat menyenangkan untuk siswa usia dini. Kursus Debate juga banyak peminatnya dari tingkat SMA, saya perkirakan akan ada banyak perdebatan berkualitas yang terjadi di dalamnya,” ujarnya dengan semangat.  

Beberapa kursus seperti 2D & 3D Animation, Anime, Game Development, App Development, Sneaker Customization, Podcasting, Programming, dan Digital Painting melibatkan kecanggihan teknologi yang menarik minat banyak siswa SMP hingga SMA.  “Saya senang dengan adanya program ini karena anak-anak dapat mengeksporasi keingintahuan mereka terutama di bidang teknologi. Dalam kursus Game Development yang akan saya ajarkan, siswa mulai dari tingkat SD dapat mempelajari dasar-dasar programming, desain game 3D hingga juga meluncurkan game yang berhasil mereka ciptakan ke dalam website Roblox,” kata Sathiyanathan, guru Ed-Tech SNA.  

Materi bahasa juga turut memperkaya ragam kursus disini seperti German Language, French Language dan Chinese Language.  

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00