Bakti Penyulang Bebas ROW, Komitmen PLN Jaga Keandalan Pasokan Listrik

KBRN, Surabaya, – Menjaga keandalan pasokan listrik agar pelanggan dapat menikmati aliran listrik dengan nyaman merupakan komitmen yang selalu dipegang teguh oleh PLN Unit Induk Distribusi Jawa Timur.

Salah satunya melalui upaya bakti penyulang bebas Right of Way (ROW) yang merupakan kegiatan perampingan/pemangkasan pohon yang dilakukan ketika radius antara jaringan listrik dengan pepohonan kurang dari 3 meter.

Seperti yang dilakukan PLN UP3 Situbondo, penggiatan bakti penyulang bebas ROW ini dilaksanakan sejak 6 – 13 Juli di seluruh wilayah kerja PLN UP3 Situbondo yang meliputi Kabupaten Situbondo dan Bondowoso. 

Manager UP3 Situbondo, Mochamad Abdul Basyid Nurul Fauzi memaparkan, dalam kegiatan ini kami menerjunkan 80 personil dalam 16 tim dari wilayah PLN UP3 Situbondo. Mereka dibantu regu kendaraan skylift PLN UP3 Banyuwangi, UP3 Jember, dan UP3 Malang. PLN fokus mengamankan jaringan dari pohon-pohon yang tingginya lebih dari jaringan. 

"Jika tidak diamankan, akan membahayakan keselamatan ketenagalistrikan dan keselamatan lingkungan,” terangnya, Kamis, (9/7/2020).

Mendapat dukungan penuh dari dinas terkait, PLN UP3 Situbondo berkolaborasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) yang selama ini mengelola pohon tepi jalan untuk mengamankan wilayah kerja masing-masing.  

Senada, PLN UP3 Surabaya Selatan pun turut mewujudkan komitmen bersama dalam menjaga sistem jaringan listrik yang menjadi prioritas utama melalui kegiatan yang juga merupakan program unggulan UP3 Surabaya Selatan yaitu KOPI PAIT (KOlaborasi Potong wIt samPAI Tuntas) dan SEPINTAS (ekSEkusi Penyulang sampaI tuNTAS). Tujuan utama kegiatan ini adalah agar keandalan tetap terjaga terutama ditengah pandemi Covid-19. 

Dalam kegiatan ini, melibatkan seluruh regu pemeliharaan ULP Dukuh Kupang, ULP Darmo Permai, ULP Ngagel, ULP Rungkut, dan ULP Gedangan. Regu pemeliharaan bergabung untuk melakukan eksekusi seluruh potensi gangguan yang ada, baik itu potensi gangguan pada ROW maupun material. Segala kegiatan dilaksanakan dengan mengikuti SOP dan protokol Covid-19.

Senior Manager Distribusi PLN UID Jawa Timur, Adriansyah berharap masyarakat ikut berperan serta dalam mengamankan jaringan listrik dari sentuhan pohon dengan memberikan izin kepada petugas yang sedang melakukan perabasan pohon. 

PLN juga berharap adanya dukungan dari dinas terkait, seperti Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA). 

“Kami mengharap dukungan dan  kerjasama semua pihak untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat utamanya terkait jaringan kelistrikan,” pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00