Terdampak Pandemi Covid-19, Penjualan Sapi Kurban Di Kediri Turun

Salah satu sentra hewan kurban di Kota Kediri, siap sambut Idul Adha.

KBRN, Kediri: Terdampak Pandemi Covid-19, penjualan sapi untuk kebutuhan kurban di Kediri mengalami penurunan. Salah satunya, terlihat di sentra penjualan hewan kurban Jl. Campurejo Gang III, Kota Kediri.

Samiran, pemilik sentra hewan kurban di Kota Kediri, menyatakan, bahwa persediaan sapi kurban miliknya untuk kesiapan Idul Adha tahun 2020, berkurang. Jika pada hari normal menyediakan atau terjual habis sekitar 50-60 ekor sapi, tetapi pada Idul Adha tahun ini mempersiapkan 30-40 ekor.

"Namun demikian, alhamdulillah masih ada pembeli yang pesan sapi kurban. Secara total ada 8 ekor yang sudah siap kirim," katanya, di Kediri, Selasa (7/7/2020).

Ia menambahkan, sampai sekarang mayoritas pembelinya, berasal dari dalam Kota Kediri dan Kabupaten Kediri. Bahkan, untuk menarik minat konsumen, pihaknya tidak mematok ongkos khusus, untuk biaya pengiriman hewan ternaknya ke rumah pembeli.

"Soal harga sapi kurban, saat ini stabil di angka Rp 20 juta hingga Rp 35 juta per ekor. Harganya sekarang saat pandemi Covid-19, tetap, tidak naik ya tidak turun, termasuk harga kambing kurban, sekarang berkisan Rp 2 jutaan sampai Rp 4 jutaan per ekor," katanya.

Dari pengamalannya berbisnis hewan kurban selama 30 tahun terakhir, Samiran menjamin, semua sapi kurban yang disiapkan jelang Idul Adha tahun ini, dalam kondisi sehat. 

"Semua hewan kurban di sini dijamin kesehatannya, ada petugas yang datang untuk memeriksa satu-persatu. Tak hanya sapi kurban, kambing pun juga diperiksa kesehatannya," katanya. (ac)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00