Atjong Pengejar Merpati Yang Jadi TNI, Raih Emas Untuk Jatim

atjong_tio_purwanto_lari.jpg

Deskripsi Gallery

KBRN , Surabaya  :  Atlet atletik Jawa Timur  Atjong Tio Purwanto berhasil menjadi yang terbaik di nomor lari halang rintang 3.Km  pada PON XX Papua setelah menyisihkan atlet  Papua Amat sucipto Parapat dan atlet NTT Matheus Wuli 

Atlet Jawa Timur yang juga seorang anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI), ini pernah diterjunkan  di Asian Games 2018 . Ia dekenal sebagai pelari halang rintang yang tangguh. 

Pria kelahiran Malang, pada 17 Oktober 1992 ini  tumbuh dan besar di Malang, hingga sekarang menjadi atlet lari andalan Indonesia .Nama Atjong merupakan pemberian bidan yang membantu sang ibu melahirkan delapan putra putrinya. Diketahui, sang bidan merupakan orang China dan Atjong sendiri merupakan anak nomor enam.

Menurut ceritanya , saat di Sekolah Dasar, Atjong mencari uang dengan menjadi pelepas burung merpati. Maka dari itu ia pun terbiasa berlari di siang hari saat matahari sedang terik-teriknya selama empat jam dari pukul 14.00 sampai 16.00.

Kini Atjong tak lagi mengejar burung merpati,  Atjong sekarang adalah  anggota Batalyon Mekanis 521 Kodam Brawijaya, Kediri, Jawa Timur.

Prestasinya adalah meraih meraih medali perunggu di ajang SEA Games 2015 dan medali emas dari nomor lari halang rintang 3.000 meter di SEA Games 2017, Kuala Lumpur, Malaysia dan SEA Games 2019 di Filipina. 

Gallery Info

  •   Dibuat oleh : Budi Suwarno
  •   Tanggal : 14 Okt 2021

Share this

FOTO LAINNYA

00:00:00 / 00:00:00