Jalan Terputus, Warga Tak Dapat Melalui Jalur Bandung Garut

KBRN, Garut: Tingginya intensitas hujan dan buruknya cuaca telah mengakibatkan terjadinya longsor di Kampung Langkob, Desa Nyalindung, Kecamatan Cisewu Garut, Jawa Barat. 

Camat Cisewu Garut, Heri menjelaskan, longsor itu telah mengakibatkan jalur provinsi yang menghubungkan Bandung dengan Garut terputus. 

"Longsor dengan panjang 75 meter, lebar 30 meter dan kedalaman sekitar 15 meter menimbun akses jalan Provinsi yang menghubungkan Kecamatan Cisewu -Caringin Rancabuaya Garut dan Pangalengan  Kabupaten Bandung yang hingga kini masih belum dapat dilalui kendaraan R2 dan R4," jelasnya saat dihubungi, Sabtu (27/11/2021).

Menurut Heri, selain akses jalan provinsi, longsor juga menimbun dua rumah warga, serta 2500 meter persegi lahan sawah amblas. Rumah dan sawah milik warga lain pun terancam ditimbun longsor. 

"Kami sudah melakukan evakuasi terhadap dua rumah warga yang terdampak dan tujuh rumah warga lainnya yang terancam. Alhamdulilah dalam bencana longsor tersebut tidak menimbulkan korban jiwa atau luka, kerugian material masih dalam pendataan akibat ribuan meter persegi lahan sawah warga amblas dan terancam," urainya.

Heri menambahkan, saat ini pihak terkait melakukan evakuasi terhadap timbunan material longsoran dengan alat berat. Warga pun ikut membantu dengan peralatan seadanya. 

"Hingga kini akses jalan belum bisa dipergunakan karena masih ada timbunan tanah longsor sepanjang 10 meter yang belum tervakuasi karena faktor cuaca," katanya.

Lebih lanjut diakui Heri ada jalur alternatif Bandung-Garut atau sebaliknya. Namun dia tidak merekomendasikan pengendara untuk melewati jalur tersebut. 

"Karena dinilai rawan dan membutuhkan keahlian dalam mengendarai, maka kami tidak memperbolehkan jalur alternatif tersebut untuk dilalui. Kecuali warga yang nekat dan tahu medan jalannya. Ya boleh boleh saja," tuturnya.

Heri menambahkan, saat ini dari BPBD Garut dan juga Dinas Sosial tengah dalam perjalanan menuju lokasi bencana untuk melakukan tanggap darurat. 

"Dinsos dan BPBD saat ini dalam perjalanan sambil membawa logistik untuk warga yang terdampak maupun terancam longsor," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar